Tanpa direndam air, ini cara cepat membersihkan kerak tungku kompor gas cuma 10 menit

Tanpa direndam air, ini cara cepat membersihkan kerak tungku kompor gas cuma 10 menit
TikTok/@ferriszachra

Brilio.net - Salah satu komponen kompor yang paling sering kotor adalah bagian tungku. Tungku kompor berfungsi sebagai tatakan alat masak, biasanya penuh dengan kerak hitam. Kerak ini umumnya berasal dari sisa makanan, minyak, atau bahan makanan yang dimasak. Karena terkena api kompor secara terus menerus, kerak tersebut lantas menjadi hitam.

Kondisi tungku kompor yang hitam dan berkerak tentu kurang nyaman dipandang. Oleh sebab itu, tungku kompor harus dibersihkan secara berkala. Memang idealnya, tungku kompor perlu dibersihkan setiap minggu untuk menghindari kerak jadi membandel dan menumpuk.

Sayangnya, masih banyak orang abai dengan kebersihan tungku kompor. Alhasil kerak di tungku akan semakin menebal dan sulit dibersihkan. Sekalipun disikat kuat, tapi kerak tersebut tetap menempel kuat.

Untuk membersihkan tungku kompor yang sudah seperti itu, sebagian orang biasanya akan menggunakan teknik khusus. Misalnya dengan merendam tungku kompor dalam air yang sudah dicampur dengan sabun. Perendaman ini memang bisa membantu melunakkan kerak, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Namun perlu diketahui bahwa perendaman tersebut butuh waktu lama, lho. Biasanya tungku harus direndam seharian agar keraknya bisa lunak. Tentu hal seperti ini bisa memakan waktu lebih banyak hanya untuk membersihkan kerak tungku kompor.

Padahal tahu nggak sih, sebenarnya kerak tungku kompor bisa dibersihkan dalam waktu 10 menit saja. Seorang pengguna TikTok @ferriszachra pernah menjelaskannya lebih lanjut melalui salah satu video yang diunggah.



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya