Bukan pakai sabun, ini trik bersihkan bekas bumbu dan bau tak sedap pada cobek batu

Bukan pakai sabun, ini trik bersihkan bekas bumbu dan bau tak sedap pada cobek batu
foto: YouTube/syafaat MB

Brilio.net - Penggunaan cobek kerap menjadi salah satu kunci rahasia dari kenikmatan sambal. Bagi sebagian besar orang, cobek dianggap bisa meningkatkan cita rasa pada sambal jadi lebih lezat. Nggak heran jika kemudian masih banyak orang yang mengandalkan cobek, sekalipun kini sudah banyak alat elektronik untuk menghaluskan bumbu.

Selain sambal, cobek juga sering dipakai untuk menghaluskan bumbu lain yang akan dipakai memasak. Mulai dari bawang putih, bawang merah, kacang, rempah-rempah, dan berbagai macam bumbu lainnya. Biasanya, cobek yang kerap dipakai adalah cobek batu karena memiliki massa lebih berat dan dapat lebih mudah menghaluskan makanan.

Sayangnya, cobek batu ini cenderung memiliki pori-pori di bagian permukaannya. Nah, tekstur seperti ini bisa membuat bumbu yang dihaluskan justru mudah masuk ke dalam pori-pori. Bekas bumbu ini sulit dibersihkan dan sering meninggalkan bekas, lho. Nggak cuma tampilan cobek yang jadi kotor, tapi bekas bumbu tersebut bisa meninggalkan bau tak sedap.

Sabun cuci piring saja tidak bisa ampuh mengatasi hal tersebut, lho. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan cara dan bahan lain jika hendak membersihkan cobek batu ini. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube syafaat MB pernah membagikan trik membersihkan cobek batu dari bekas bumbu dan bau tak sedap.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya