Pakai 2 bahan masak, begini cara membersihkan noda membandel dan sisa minyak di keramik dapur

Pakai 2 bahan masak, begini cara membersihkan noda membandel dan sisa minyak di keramik dapur
foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Dapur menjadi area rumah yang mudah kotor. Aktivitas memasak bisa menimbulkan berbagai macam noda, mulai dari noda minyak, masakan, bumbu dapur, hingga sampah makanan bisa berserakan. Hal ini nggak cuma bikin tampilan dapur jadi kotor, tapi juga lantai keramik jadi lengket dan licin.

Biasanya bagian lantai, dinding bawah, hingga kabin dapur memang didesain dengan keramik. Bukan tanpa sebab, cipratan noda yang menempel pada keramik cenderung lebih mudah dibersihkan dibandingkan pada dinding biasa atau permukaan kayu. Selain itu, noda pada keramik dapur juga cenderung tidak meninggalkan bekas.

Dari segi tampilan, noda pada keramik memang bisa hilang hanya dengan dilap menggunakan lap dapur. Tapi biasanya ada beberapa noda membandel yang saat terkena permukaan keramik, akan tetap menempel dan sulit hilang. Hal ini meliputi sisa minyak dan noda masakan yang sudah telanjur berkerak.

Membersihkan noda tersebut menjadi PR (pekerjaan rumah) tersendiri bagi banyak orang. Sekalipun sudah disikat atau dilap menggunakan kain dan sabun, noda tersebut masih meninggalkan bekas. Khususnya sisa minyak yang kemudian membuat permukaan keramik dapur jadi licin.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya