Bukan pakai sabun cuci piring, begini cara bersihkan kerak hitam mambandel di mesin blender

Bukan pakai sabun cuci piring, begini cara bersihkan kerak hitam mambandel di mesin blender
YouTube/@renyvirgiant

Brilio.net - Kini sudah terdapat berbagai macam alat elektronik yang bisa memudahkan proses memasak. Dalam hal ini, blender termasuk salah satu di antaranya. Perabot dapur satu ini kerap digunakan untuk menghaluskan berbagai macam bahan makanan, seperti buah, sayur, hingga bumbu dapur dan daging.

Namun seperti alat elektronik pada umumnya, blender pun harus rutin dibersihkan supaya bisa digunakan dalam waktu lama. Karena kondisi blender yang bersih juga akan membuat mesinnya bekerja dengan baik. Selain itu, tampilan blender pun lebih enak dipandang jika selalu dalam kondisi bersih.

Sayangnya, bagian blender yang paling sering dibersihkan hanya pada polycarbonate container atau yang kerap disebut gelas blender. Bagian gelas memang sangat rentan kotor karena terpapar langsung oleh berbagai macam bahan makanan. Oleh sebab itu, gelas blender ini akan langsung dicuci sesaat setelah digunakan.

Namun jika ditilik lebih lanjut, sebenarnya ada bagian lain yang juga rentan kotor, seperti di mesin blendernya. Lebih tepatnya, area di bagian bawah pisau blender juga sering kotor. Lantas karena kerap diabaikan, bagian tersebut bisa jadi hitam dan berkerak. Nah, kerak ini tidak bisa hilang begitu saja sekalipun menggunakan sabun cuci piring.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu memerlukan bahan lain yang lebih ampuh. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube @renyvirgiant pernah membagikan bahan pembersih yang dipakai saat hendak membersihkan mesin blender tersebut. Bukan dengan sabun cuci piring, dia justru menggunakan bahan pembersih lain dan sejumlah bahan dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya