Cara aman membuka panci presto usai merebus masakan, antimeledak

Cara aman membuka panci presto usai merebus masakan, antimeledak
foto: TikTok/@firasidea_

Brilio.net - Berbeda dengan daging ayam, sejumlah daging hewani seperti daging sapi dan kambing punya tekstur lebih keras. Makanya saat masak daging, membutuhkan waktu lebih lama sampai teksturnya empuk. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk merebus daging ini bisa lebih dari 30 menit, lho.

Itu pun dengan catatan tutup panci sebaiknya tidak dibuka tutup untuk mempercepat proses pematangan. Nah, buat yang hobi masak, pasti sering mendengar panci presto, bukan? Panci satu ini berbeda dengan panci pada umumnya, karena dapat menghasilkan tekanan uap yang tinggi biar makanan cepat matang.

Dengan dimasak pakai panci presto, daging bisa matang dan empuk lebih cepat daripada direbus biasa, bahkan bisa kurang dari 30 menit. Tetapi, dalam menggunakan panci presto, harus sangat berhati-hati karena panci ini dapat meledak dan melukai tubuh jika sembarangan digunakan, lho.

Dilansir dari gainsberglaw.com, panci presto dapat meledak karena sejumlah akibat. Misalnya, panci presto sudah rusak, bahan makanan yang dimasak kepenuhan, terlalu banyak pakai minyak, lubang keluarnya uap panas tersumbat, tak mengeluarkan uap panas sampai habis, dan lain sebagainya.

Salah seorang pengguna TikTok bernama Yeni Astuti melalui akun TikTok/@firasidea_ miliknya membagikan cara simpel biar panci presto nggak mudah meledak saat digunakan. Meski begitu, menilik kolom komentarnya, rupanya masih banyak yang tetap takut menggunakan panci presto ini, lho.

"Ogah dah w suruh make juga. dgr suara nya aja w udah takut," jelas TikTok/@xx dilansir BrilioFood pada Minggu (21/8).

"TRAUMA sampai skrng pake panci presto. Pernah kesembur soalnya, di kira udah habis uapnya ternyata begitu di putar langsung nyembur," ujar TikTok/@Uni Lily Maskoer.

Namun, tak sedikit pula yang membenarkan cara TikTok/@firasidea_ dalam menggunakan panci presto, nih. Asal dengan cara yang tepat, alat masak ini nggak akan membahayakan keselamatan saat digunakan.

Dalam videonya, Yeni Astuti memperlihatkan trik membuka panci presto lebih cepat dan aman. Ia menggunakan satu garpu untuk membantunya mengeluarkan uap panas lewat tube panci presto. Sebelumnya ia pastikan pula api kompor sudah dalam keadaan mati.

Cara aman membuka panci presto usai merebus masakan, antimeledak

foto: TikTok/@firasidea_

Saat dirasa uap di dalam panci sudah keluar semua, panci prestonya pun dipindahkan ke posisi yang lebih nyaman. Sekali lagi, pemilik akun tersebut mengecek kondisi uap panasnya dengan cara membuka tube panci presto. Jika sudah tak ada lagi uap panas yang tersisa, artinya panci presto sudah bisa dibuka dengan aman.

Cara aman membuka panci presto usai merebus masakan, antimeledak

foto: TikTok/@firasidea_

Kemudian, secara perlahan, Yeni Astuti membuka tutup panci prestonya sambil tetap berhati-hati memposisikan tangannya. Nah, menurutnya, waktu untuk mengeluarkan uap panas sebelum membuka panci presto dengan cara ini hanya kurang dari 10 menit saja, lho.

Cara aman membuka panci presto usai merebus masakan, antimeledak

foto: TikTok/@firasidea_

Video cara membuka panci presto ini pun mendapat banyak atensi dari ribuan likes, lho. Di samping itu selain pakai cara yang dilakukan Yeni Astuti, di kolom komentar banyak pula warganet yang membagikan cara lain biar tetap aman dalam menggunakan panci presto ini

@firasidea_ Ni Tips yang ga suka nunggu lama masak pake panci presto#fyp #masakansimple #mytiktok #Save20 I like you so much - Nafaa

"Klo aku d kucurin air dlu mba,..biar uap nya g terlalu lama," ujar TikTok/@ayyu azza.

"Baru baru pakai emang takut tapi setelah tau triknya jadi sekarang lebih mudah," kata TikTok/@user Titin fatimah.

"Aku tim tungguin aja kira2 30 menit, abis itu baru buka. Ga berani coba2," ungkap TikTok/@ .

"A gk prnh pakai itu. q biasa pakai metode 5.30.7 saja ..itu jg bisa emmpyuuk bgt..," jelas TikTok/@Allenna Yanuar.

"Aku juga gitu .. awalnya takut sm bawa hlm .alhmdulillah gak mencelat," tulis TikTok/@Nieda.Lee.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya