Cara bikin jus apel menyegarkan tanpa blender, mudah ditiru

Cara bikin jus apel menyegarkan tanpa blender, mudah ditiru
foto: TikTok/@deasilistiani

Brilio.net - Belakangan ini banyak orang mulai memberi perhatian terhadap pola hidup sehat. Tak cuma menjaga waktu tidur, berolahraga, namun juga pola makan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi harus mengandung gizi dan padat akan nutrisi.

Hal itu bisa dimulai dengan memilih bahan makanan yang akan diolah. Seperti memperbanyak konsumsi sayur maupun buah-buahan. Jika sayuran biasanya diolah menjadi berbagai menu masakan pendamping nasi, buah-buahan bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus.

Banyak jenis buah-buahan yang bisa dijadikan bahan utama pembuatan jus. Mulai dari pisang, jeruk, alpukat, hingga apel. Jus apel sendiri tentu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, minuman ini dapat mencegah serangan asma, meningkatkan kesehatan paru-paru dan juga mengurangi risiko kanker.

Oleh karenanya, banyak orang yang memilih untuk mengolah apel menjadi jus. Agar tambah segar, biasanya jus apel disajikan dalam kondisi dingin. Madu juga bisa dipilih sebagai bahan pemanis alami pengganti gula. Saat ini membuat jus terbilang mudah dan simpel. Hanya tinggal memasukkan bahan-bahan yang dipilih ke dalam blender lalu dihaluskan bersamaan dengan air.

Namun, tentu menjadi suatu hal yang berbeda jika di rumah tidak terdapat blender. Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir karena terdapat solusi agar tetap bisa membuat jus apel tanpa bantuan alat blender. Cara tersebut diunggah oleh akun TikTok bernama Echi.

Cara bikin jus apel menyegarkan tanpa blender, mudah ditiru

foto: TikTok/deasilistiani

Dilansir dari BrilioFood dari akun TikTok/@deasilistiani pada Kamis(18/8), hal pertama yang dilakukan adalah mencuci terlebih dahulu buah apel yang akan digunakan. Jika sudah, masukkan buah apel ke dalam freezer kulkas. Simpan buah apel selama 7 sampai 8 jam.

Cara bikin jus apel menyegarkan tanpa blender, mudah ditiru

foto: TikTok/deasilistiani

Suhu rendah di dalam kulkas, akan membuat tekstur apel menjadi lembek dan berair. Jika sudah dibekukan selama 7-8 jam, ambil apel dari dalam freezer dan simpan apel pada suhu ruangan. Tak selama waktu menyimpan apel di dalam freezer, kamu hanya memerlukan waktu selama satu sampai dua jam saat menyimpannya di suhu ruangan.

Cara bikin jus apel menyegarkan tanpa blender, mudah ditiru

foto: TikTok/deasilistiani

Jika kulit apel sudah terlihat berair dan teksturnya semakin lembek, kamu bisa siapkan gelas. Setelah itu peras apel dengan bantuan tangan, sehingga air dan sari-sari apel bisa langsung keluar tanpa harus mengeluarkan tenaga yang banyak saat memerasnya.

Video yang sudah ditonton sebanyak 500 ribu kali ini mendapatkan respons dan komentar baik dari para warganet. Ternyata banyak juga yang ingin mempraktikannya sendiri di rumah setelah melihat video ini.

@deasilistiani Lumayan hemat listrik, ga usah pake blender lagi bikin jus apel | Ib: @stefinachntr #SamaSamaBelajar #merdekabelajar #lifehacks #experiment Squidville - Emmanuel Jackson

"Mksh experiment nyaa," tulis akun TikTok/@Indri Bhe.

Terimakasih kak echi tips nyaaa,” ujar akun TikTok/@maull.

Diparut trus di peras atau di saring juga bisa,” tulis akun TikTok/@ritsu stan.

Simpen dulu nanti klo udh beli apel bru di coba,” ujar akun TikTok/@sashaa~.

Mari kita coba,” ujar akun TikTok/@fake smile.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya