Cara marinasi ayam ini mudah ditiru, cuma pakai bumbu sederhana

31 / 05 / 2022 13:03 WIB Annathiqotul Laduniyah
Cara marinasi ayam ini mudah ditiru, cuma pakai bumbu sederhana
foto: TikTok/@lumira_id

Brilio.net - Mengolah daging ayam memang terkesan cukup mudah. Namun tidak sedikit juga daging ayam yang sudah dimasak cenderung hambar di bagian dalamnya. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, beberapa orang memilih untuk merendam daging ayam terlebih dahulu dalam bumbu sebelum diolah nantinya.

Teknik tersebut sering disebut marinasi. Marinasi sendiri bertujuan untuk membuat daging ayam tidak terasa hambar, terutama pada bagian dalam.Bumbu-bumbuyang digunakan dan lama waktu perendaman memang sangat berpengaruh pada kualitas rasa daging ayam nantinya.

Namun ada cara tersendiri yang perlu dilakukan supaya marinasi ayam benar-benar berhasil, dan hasilnya meresap sempurna. Pemilik akun TikTok @lumira_id pun membocorkan beberapa rahasia marinasi ayam yang antigagal. Hasilnya dijamin meresap sempurna.

Video yang mendapat 58 ribu like dan dibagikan lebih dari seribu kali itu cukup menarik perhatian. Pasalnya, cara yang ditampilkan tampak begitu mudah ditiru. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@lumira_id pada Selasa (31/5), dia menjelaskan bagaimana rahasia marinasi ayam yang biasa dilakukan.

Cara marinasi ayam ini mudah ditiru, cuma pakai bumbu sederhana

foto: TikTok/@lumira_id

Untuk tahap awal, pemilik akun tersebut mengganti air dengan 200 ml susu full cream. Hal ini tentu menjadi salah satu kunci daging ayam yang dimarinasi nantinya akan terasa lebih creamy dan soft.

Selain itu, bumbu yang digunakan hanya berasal dari bumbu dapur simpel yang pasti dimiliki oleh banyak orang.Dia menggunakan 1/2 sdt garam, 1 sdt lada bubuk, 1 sdt kaldu bubuk, 1 sdt cabai bubuk, dan 1 sdm bawang putih bubuk untuk 1/2 kg daging ayam yang akan diolah.

Cara marinasi ayam ini mudah ditiru, cuma pakai bumbu sederhana

foto: TikTok/@lumira_id

Setelah bumbu sudah dimasukkan, aduk-aduk semua bahan tersebut hingga merata. Kemudian masukkan daging ayam yang akan diolah nantinya. Dalam video tersebut, daging ayam yang digunakan merupakan bagian dada tanpa tulang. Sehingga bisa dengan mudah jika akan langsung diolah.

Setelah ayam terendam bumbu, simpan ke dalam kulkas. Susu full cream yang digunakan berpotensi membuat daging ayam justru basi jika diletakkan dalam suhu ruang, apalagi jika terlalu lama. Nggak cuma sampai di situ, untuk membuat bumbu meresap dengan sempurna pada daging ayam, dia pun mengungkapkan untuk marinasi ayam hingga semalaman. Namun bisa juga simpan 3 jam jika akan langsung diolah.

"Kalo saya biasanya semalaman kak, tapi 3 jam juga udah bisa kok," jelas pemilik akun TikTok/@lumira_id pada kolom komentar saat ada yang bertanya tentang berapa lama waktu marinasi ayamnya.

Cara marinasi ayam ini mudah ditiru, cuma pakai bumbu sederhana

foto: TikTok/@lumira_id

Marinasi ayam yang dilakukan ini ternyata tidak hanya berguna untuk membuat daging ayam lebih gurih, lho. Ayam yang dimarinasi sebelum diolah juga membuat dagingnya lebih empuk. Jadi akan lebih mudah saat proses memasak nantinya. Hal ini pun dijelaskan saat ada orang awam yang bertanya tentang tujuan marinasi ayam.

"Maaf aq kan kurang bisa masak,mau nanya marinasi itu biar apa ya ikan nya," tanya akun @yulyrahma1.

"Untuk menambah rasa dan membuat daging lebih empuk," jawab pemilik akun TikTok @lumira_id.

Cara marinasi ayam ini mudah ditiru, cuma pakai bumbu sederhana

foto: TikTok/@lumira_id

Tidak sedikit yang berterima kasih karena mendapat ilmu dan resep baru dalam hal memasak. Hal ini dibuktikan dengan komentar yang membanjiri video tersebut. Tak sedikit juga yang berkomentar bahwa resep tersebut memang dijamin berhasil untuk membuat ayam jadi makin gurih.

"thank U resepnya kakkk," tulis akun TikTok/@ichy.yuniar dalam kolom komentar.

"wajib dcontoh nih..." komentar akun TikTok/@rinrinarzhent.

"sama ky sy , ayamnya LBH soft, creamy ,top," tulis akun @lilishariyati.

"Aku masak ayam dimarinasi kaya gitu endul pokoke," komentar akun @iranings.

"Sama kak, cuma aku bw putih bubuk ganti jd bw bombay bubuk," ungkap akun TikTok/@snume.id.

Nah, jadi tertarik mencoba, kan?

@lumira_id Teman-teman ada resep marinasi yang lain? Boleh di share di kolom komentar yaaa #makananunik #kulinernusantara #makanantiktok #makananviral #serunyakuliner #kulinertiktok #marinasi #marinasiayam #resepmarinasiayam #olahanayam #olahanayamsimple #beranda #fyp Pargoy Daun - putri_pass

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

  • Pastel Tutup

    Pastel Tutup

Review

Selengkapnya