Cara masak beras ketan agar pulen dan matang merata tanpa kukusan, hemat gas

Cara masak beras ketan agar pulen dan matang merata tanpa kukusan, hemat gas
TikTok/@ranazakiyyahm

Brilio.net - Ketan merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah masyarakat. Bahan satu ini banyak digunakan sebagai bahan dasar aneka kue basah hingga makanan kekinian bercita rasa legit. Pasalnya, ketan memiliki tekstur lembut dan sedikit lengket.

Ketan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ketan putih dan ketan hitam. Kamu pun bisa mengolah dua jenis ketan menjadi berbagai camilan seperti lemper, bubur merah putih, bacang, mango stick rice, dan lainnya. Kreasi olahan ketan ini dijamin memanjakan lidah serta bikin kenyang.

Meskipun sudah banyak yang menjual berbagai kreasi olahan ketan di luaran sana, kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa memilih bahan yang digunakan, kamu pun bisa membuat kreasi olahan ketan dalam jumlah lebih banyak. Nah, sebelum dibikin berbagai camilan, kamu harus mengolah beras ketanterlebih dahulu.

Kebanyakan orang biasanya menanak beras ketan dengan cara direndam terlebih supaya teksturnya empuk. Setelah itu, beras ketan akan dikukus dalam waktu lama agar pulen. Namun demikian, ada cara menanak beras ketan supaya pulen dan cepat matang. Alih-alih direndam lalu dikukus lama, cukup nanak beras ketan menggunakan rice cooker.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya