Cara mencegah panas di tangan saat memotong cabai, cuma pakai 1 bahan

Cara mencegah panas di tangan saat memotong cabai, cuma pakai 1 bahan
foto: TikTok/@firhan_ashari

Brilio.net - Bagi kebanyakan orang Indonesia, menu makanan tanpa adanya yang pedas-pedas seperti ada yang kurang. Pasalnya, hidangan Nusantara sendiri kebanyakan memang pakai cabai sebagai salah satu bahan bumbunya. Sebut saja rendang, balado, tumisan, sambal, dan masih banyak lagi.

Jenis cabai sendiri beragam banget. Di Indonesia, cabai yang sering dijumpai misalnya seperti cabai rawit, cabai keriting, cabai besar, dan lain-lain. Selain membeli di pasaran, banyak pula orang-orang yang menanam sendiri pohon cabai di rumah, lho.

Meskipun rasanya pedas, tapi cabai punya banyak nutrisi untuk kesehatan, lho. Dilansir dari conserve-energy-future.com, cabai mengandung antioksidan dan berbagai vitamin untuk menurunkan risiko kanker, mengatasi migrain, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan lain sebagainya.

Selain bisa bikin pedas di lidah, cabai juga bisa bikin jari-jari tangan terasa panas. Buat yang gemar masak pakai cabai pasti sering mengalami hal ini. Bahkan, rasa panasnya cenderung sulit hilang walaupun sudah mencuci tangan setelah memotong cabai. Namun, rupanya ada satu bahan dapur yang bisa membantu mencegah rasa panas akibat cabai, lho.

Trik untuk mencegah panas ini dibagikan oleh jebolan MasterChef Indonesia season 6 juara ke-2, Firhan Ashari. Lewat akun TikTok resminya, Chef asal Cilegon ini mengaku dulunya sering merasa panas saat memotong cabai, tetapi setelah menemukan cara mencegahnya, ia tak lagi merasakan panas saat memotong cabai meskipun dalam jumlah besar.

"GA ENAK BANGET TANGAN PANAS BEKAS CABE. Apa lagi abis motong cabe terus kencing, nangis aing," ungkapnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@firhan_ashari, Senin (1/8).

Nggak pakai ribet, Chef Firhan hanya menggunakan satu bahan untuk membuat tangannya bebas panas usai memotong cabai. Chef Firhan selalu mengolesi jari-jari dan tangannya pakai minyak sampai merata. Minyak ini menurut Chef Firhan penting banget dipakai saat memotong maupun menyentuh cabai langsung dengan tangan.

Menurutnya, minyak yang digunakan bisa bebas menggunakan jenis apa saja yang ada di rumah. Cukup mudah, Chef Firhan cukup mengolesi tangannya pakai minyak secukupnya saja, sekitar satu sampai dua tetes. Pastikan minyak teroles dengan merata.

Cara mencegah panas di tangan saat memotong cabai, cuma pakai 1 bahan

foto: TikTok/@firhan_ashari

Jika minyak yang dituang berlebihan, cukup tepuk-tepuk menggunakan tisu. Tisu yang digunakan pun khusus tisu dapur yang lebih kokoh dibanding tisu lainnya. Penggunaan tisu bisa mencegah tangan terlalu licin dan membahayakannya saat proses memotong cabai. Setelah tangannya selesai diolesi minyak, Chef Firhan pun lanjut memotong cabai buat dimasak jadi aneka hidangan.

Cara mencegah panas di tangan saat memotong cabai, cuma pakai 1 bahan

foto: TikTok/@firhan_ashari

Selesai memotong cabai, biar tetap higienis, Chef Firhan pun langsung mencuci tangan. Nggak hanya dengan air mengalir, menurutnya wajib pakai sabun biar sisa minyak di tangan hilang. Selain menghilangkan sisa minyak, mencuci tangan pakai sabun juga membantu aroma cabai nggak awet di tangan, lho.

Cara mencegah panas di tangan saat memotong cabai, cuma pakai 1 bahan

foto: TikTok/@firhan_ashari

Hingga kini, video cara mencegah panas saat memotong cabai tersebut sudah ditonton lebih dari sejuta kali. Video unggahan chef lulusan Manajemen Tata Boga ini pun menuai aneka komentar menarik dari warga TikTok lainnya.

@firhan_ashari

GA ENAK BANGET TANGAN PANAS BEKAS CABE apa lagi abis motong cabe terus kencing nangis aing

FEEL THE GROOVE - Queens Road, Fabian Graetz

"Biasa kalo tangan panas gw pakein minyak , dan emg jadi tambah panas, tpi langsung ilang," jelas TikTok/@dapa forger.

"Tidak berlaku untuk yg kulit sensitif, tetep aj pedas," ungkap TikTok/@bowo_t.

"Makasih tipsnya," komentar TikTok/@Endang S.

"Aku tau malah dari emmak gue. fix emmak gue chef," tulis TikTok/@hanya.orang.biasa2003 di kolom komentar.

"AQ selama ini sala tehnik. Kalau udh kepedesan tngan baru kasih minyak ke tngan," ungkap TikTok/@liaa.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya