Cara menyimpan ceker ayam agar awet dan bebas bakteri hingga berbulan-bulan

Cara menyimpan ceker ayam agar awet dan bebas bakteri hingga berbulan-bulan
Jangan asal beli ceker |

"Pastikan cekernya masih berwarna pink, ya. Terus bagian ininya (ujung tulang) tuh suka kelihatan darahnya merah segar, bukan yang tua," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Moochies TV, Jumat (20/1).

Kemudian, usai membeli ceker, bagian kukunya sebaiknya jangan dipotong. Menurut pemilik akun YouTube Dapur Moochies TV, kalau kuku ceker dipotong, ceker akan cepat berubah warna menjadi keunguan, sehingga tak akan tahan lama jika disimpan.

Cara menyimpan ceker ayam agar awet dan bebas bakteri hingga berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Moochies TV

Ceker ayam yang ingin disimpan pun sebaiknya tak perlu dicuci. Pasalnya, kalau dicuci, ceker akan menjadi lembap. Ceker sendiri juga mengandung lendir atau kolagen, sehingga saat tercampur dengan air, akan berisiko muncul bakteri saat ceker disimpan.

Kalau sudah tumbuh bakteri, otomatis ceker pun akan cepat membusuk dan tak aman lagi untuk dikonsumsi. Dilansir dari medicalnewstoday.com, selain bikin ceker ayam lembap dan tumbuh bakteri, mencucinya sebelum disimpan juga berisiko menyebarkan bakteri ke area-area lain di dapur.

Cara menyimpan ceker ayam agar awet dan bebas bakteri hingga berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Moochies TV

Lantas, jika ingin disimpan, tinggal masukkan ceker ke dalam plastik atau wadah tertutup. Setelah itu, ceker ayam tersebut bisa dibekukan ke dalam freezer. Dijelaskan pula di YouTube Dapur Moochies TV, masa simpan ceker ini tergantung seberapa lama ceker sudah dipotong dari ayamnya.

Nah, biasanya kalau ceker ayam yang dibeli masih benar-benar fresh atau baru dipotong, masa simpannya bisa sampai berbulan-bulan. Berbeda jika sudah cukup lama, saat disimpan ceker bisa jadi hanya bertahan selama dua minggu.

"Aku suka (membeli ceker) dari penjual sayur keliling barangkali di pasarnya sudah keluar masuk freezer," ungkap pemilik akun YouTube Dapur Moochies TV.

Cara menyimpan ceker ayam agar awet dan bebas bakteri hingga berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Moochies TV

Gimana, sekarang sudah tahu cara menyimpan ceker, kan? Unggahan di akun YouTube Dapur Moochies TV ini juga mendapat banyak antusias dari warganet di kolom komentarnya, lho. Sementara itu, viewers unggahan ini pun sudah mencapai 10.360 kali.

"Kalo udah di masukkin air, terus packing masukkin ke freezer.. biar tetep keliatan putih gimana ya Mba?" tanya YouTube Angga Afrilian.

"Mau tanya bagaimana cara menyimpan ceker yg sudah dipresto? Karna sebagian dipakai hari ini dan sebagian besoknya.
Karna saya pakai presto yg besar. Jd biar sekalian mresto gitu kak. Mohon balasannya ," kata YouTube Sefita Ningsih.

"Mau nanya donk bun,saya kan beli ceker,udh di rebus,sebagian dimasak untuk hari ini,sebagian lgy di simpan di kulkas karna terlalu bnyk untuk di masak hari ini,terus mau diolah lgy untuk besok.a apa masih bisa di mkn yah cker.a,udh di simpan seharian kemarin di simpen di kulkas,saya ragu tkut.a udh gk boleh di mkn," ungkap YouTube Deti Arifah.

"Kalo setelah dimasak masukin kulkasnya di bungkus lagi apa nggk?" ujar YouTube Mega Silpia.

"Kalau tulang ayam gimana Bun?" imbuh YouTube Kalie Icam.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya