Cara menyimpan singkong parut agar tidak basi sampai berbulan-bulan

Cara menyimpan singkong parut agar tidak basi sampai berbulan-bulan
Singkong parut pun tak perlu diperas |

Cara menyimpan ini bisa dipraktikkan pada singkong yang diparut sendiri maupun singkong parut yang sudah jadi usai dibeli di pasar. Semula, bagi singkong parut jadi beberapa bagian sesuai kebutuhan hidangan yang ingin dibuat. Singkong parut pun tak perlu diperas airnya karena bisa dipakai untuk mengolah aneka kue.

Cara menyimpan singkong parut agar tidak basi sampai berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Moochies TV

Masukkan singkong parut tersebut ke dalam plastik kiloan dan diikat sampai rapat. Kemudian, taruh plastik berisi singkong parut tersebut di dalam kulkas, lebih tepatnya lemari freezer (beku). Dengan ditaruh di freezer, singkong parut akan tahan lama hingga berbulan-bulan, lho.

Cara menyimpan singkong parut agar tidak basi sampai berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Moochies TV

Dilansir dari eufic.org, meletakkan makanan di freezer dapat efektif membuatnya tetap segar karena suhunya sangat rendah. Lantas, saat makanan membeku, pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang bisa membuat makanan busuk bisa diperlambat. Maka dari itu pula singkong parut bisa awet hingga berbulan-bulan.

Gimana, simpel banget kan cara menyimpan singkong parut ini? Mengintip kolom komentarnya, unggahan YouTube Dapur Moochies TV ini mendapat banyak antusias dari warganet, lho. Selain itu, unggahan ini juga sudah ditonton lebih dari sembilan ribu kali.

"Terimakasih bun,, saya baru beli singkong parut kebanyakan,, bingung simpang agar tdk basi,, sehat terus ya bun," kata YouTube Teh Marni.

"Bun, kalok di tarok di freezer di peras dulu gpp bun airnya, trus bila mau digunakan untuk kue , ubinya apa gk berair karna kan beku dari d kulkas," ujar YouTube Lia ErikaSari.

"Klw ubi di parut malam. Terus di taruh di kulkas besok paginya basi gak Bun. Soalnya mau buat praktek lapis singkong," imbuh YouTube Desti Liana.

"Bun kalau singkong hasil *parutan sendiri*itu ,kalau disimpen dikulkas ,apa bener tidak basi bun?" tanya YouTube Ratna Agustin.

"Kalo untuk pemakaian 1 hari apa aman kalo disimpan dikulkas bawah?" tulis YouTube Suhana Yusuf.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya