Trik mudah merebus singkong biar teksturnya lembut dan hemat gas

Trik mudah merebus singkong biar teksturnya lembut dan hemat gas
foto: YouTube/Ruangan Master JP

Brilio.net - Singkong dikenal sebagai salah satu jenis umbi-umbian yang tumbuh di wilayah tropis dan subtropis, salah satunya di Indonesia. Makanan ini dikenal kaya akan karbohidrat, sehingga bisa menggantikan nasi. Singkong juga kaya akan manfaat, lho. Dilansir dari healthline.com, singkong punya pati resisten yang bisa jaga kesehatan alat pencernaan dan kadar gula darah.

Singkong pun memiliki vitamin C yang bagus buat produksi kolagen, meningkatkan imun tubuh, dan masih banyak lagi. Selain manfaatnya yang banyak, singkong juga bisa dikreasikan jadi aneka hidangan lezat. Di Indonesia sendiri, singkong sering diolah jadi camilan, seperti tape, combro, lemet, misro, singkong goreng, sampai singkong rebus. Nah, singkong rebus ini sering jadi pilihan lantaran lebih sehat.

Untuk menghasilkan singkong rebus yang lembut dan merekah membutuhkan waktu cukup lama saat merebusnya, yakni sekitar 60 menit lamanya, sehingga dianggap boros gas atau minyak untuk memasaknya. Padahal, ada trik merebus tersendiri biar waktu masaknya jadi lebih singkat, lho. Nah, trik merebus singkong ini sempat dibagikan oleh salah seorang pengguna YouTube dengan nama channel 'Ruangan Master JP'.

"Makanan ini terbukti bisa membuat makanan tetap lembut tapi bisa menghemat gas atau minyak kita," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Ruangan Master JP, Selasa (29/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya