5 Trik mengolah pempek beku agar tetap kenyal, jangan langsung goreng

5 Trik mengolah pempek beku agar tetap kenyal, jangan langsung goreng
foto: YouTube/Eka Amalia

Brilio.net - Pempek dikenal sebagai makanan khas Palembang, Sumatra Selatan. Makanan berbahan dasar ikan ini memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang kenyal. Selain itu, daging ikan tenggiri yang digunakan dalam pembuatan pempek menghasilkan warna pempek yang putih dan menarik.

Kini ada banyak restoran yang menjual Pempek yang tersebar di berbagai kota. Kamu bisa menikmati lezatnya pempek tanpa perlu pergi jauh ke kota asalnya. Meskipun begitu, sebagian orang tetap menganggap bahwa pempek yang dijual di Palembang memiliki rasa yang lebih otentik dan nikmat.

Untungnya, saat ini sudah ada jasa pengiriman pempek langsung dari Palembang. Jadi pempek asal Palembang bisa dikirim langsung ke berbagai daerah. Nah, biasanya, pempek yang dijual melalui pengiriman jarak jauh ini akan dibalut dengan tepung sagu agar lebih awet. Ada juga pempek dimasukkan ke dalam boks berisi es batu supaya jadi beku.

Pempek beku memang cenderung memiliki masa simpan yang lebih lama. Namun mengolah pempek beku tersebut ternyata nggak bisa sembarangan, lho. Pasalnya, pempek yang dibekukan terlalu lama terkadang memiliki rasa yang hambar ketika langsung digoreng begitu saja. Tidak hanya itu, teksturnya pun bisa cenderung tak sekenyal seperti saat adonannya baru dibuat.

Nah, ada beberapa trik mengolah pempek agar terhindari dari hal tersebut. Trik ini dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Eka. Menurutnya, proses pengolahan pempek beku yang baik bisa berpengaruh pada rasa dan tekstur akhir pempek ketika telah digoreng.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak lima trik mengolah pempek beku supaya rasanya tak hambar dan teksturnya tetap kenyal, dilansir BrilioFood dari YouTube/Eka Amalia pada Senin (28/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya