Tanpa cuka, ini 5 cara bikin cuko pempek yang legit dan tetap asam

Tanpa cuka, ini 5 cara bikin cuko pempek yang legit dan tetap asam
foto: YouTube/Nienongz Lina

Brilio.net - Pempek merupakan makanan khas Palembang yang digemari oleh banyak orang. Makanan satu ini memiliki cita rasa gurih dan bertekstur kenyal yang membuat siapa saja akan ketagihan saat menyantapnya. Pempek akan terasa lebih lezat apabila saat dikonsumsi disertai dengan kuah cuko.

Cuko pempek adalah cairan saus pendamping dalam menyantap pempek. Cuko pempek yang berwarna hitam pekat ini memiliki cita rasa masam dan bertekstur cair saat dimakan. Biasanya cuko terbuat dari campuran gula merah, cuka, dan bumbu penyedap lainnya. Tak lupa bagi penggemar pedas, bisa menambahkan cabai ke dalamnya.

Namun, bagi kamu yang tidak mempunyai stok cuka di rumah, tetap bisa membuat cuko pempek yang nikmat. Cuka bisa diganti dengan asam Jawa sebagai bahan untuk memberikan rasa asam pada cuko pempek. Nah, jika ingin membuat cuko pempek sendiri di rumah tanpa cuka, bisa meniru tutorial yang dipaparkan oleh akun YouTube/Nienongz Lina.

Melalui salah satu unggahan video di akunnya, dia membagikan resep dan cara membuat cuko pempek yang terbuat dari asam Jawa. Meskipun tidak memakai cuka sebagai salah satu bahannya, namun cuko pempek buatannya tetap nampak nikmat. Untuk mengetahui proses pembuatannya, yuk simak lansiran BrilioFood dari YouTube/Nienongz Lina pada Kamis (27/10).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya