Cara atasi adonan sempol yang encer dan susah menempel di tusuk lidi

Cara atasi adonan sempol yang encer dan susah menempel di tusuk lidi
foto: YouTube/ARDIE PANDA

Brilio.net - Sempol ayam dibuat dari campuran adonan tepung dan daging. Adonan sempol ini kemudian dibentuk kepalan dan ditempel pada tusuk lidi. Biar lebih enak, sebagian orang biasanya akan membaluri sempol dengan telur sebelum digoreng. Tak sedikit juga yang menggunakan tambahan tepung panir agar teksturnya renyah.

Sekilas, membuat sempol memang terlihat mudah. Namun tak jarang yang menemukan kesulitan dalam membuat adonan, seperti hasilnya terlalu encer atau lembek. Biasanya, adonan sempol yang terlalu encer ini cenderung sulit menempel di tusuk lidi, lho.

Untuk mengatasi hal tersebut, jangan terburu-buru menambahkan tepung atau bahan lainnya. Pasalnya, jika asal menambah bahan, adonan justru terlalu padat. Tidak hanya teksturnya yang berubah, namun penambahan tepung juga bisa memengaruhi rasa adonan sempol.

Nah, kamu bisa mengikuti sebuah trik yang dibagikan oleh pedagang sempol bernama Ardie. Melalui channel YouTube/ARDIE PANDA, dia mengunggah video tentang trik mengatasi adonan sempol yang terlalu encer. Dia memilih tidak menambahkan tepung karena dapat membuat rasa adonan berubah.

"Rasa pasti berubah kalau ditambahkan tepung tapioka atau tepung terigu, saran saya jangan," jelas Ardie dikutip BrilioFood pada Kamis (24/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya