Cara menyimpan sisa santan kemasan, awet dan tidak basi sampai 5 hari

Cara menyimpan sisa santan kemasan, awet dan tidak basi sampai 5 hari
Menarik Banget Buat Dicoba Di Rumah. |

Dilansir BrilioFood dari TikTok/@rey_ana32 pada Minggu (20/11), paling tidak ada dua cara menyimpan sisa santan kemasan. Pertama, pindahkan sisa santan kemasan ke plastik. Lalu ikat dengan karet hingga benar-benar rapat dan kedap udara.

Cara menyimpan sisa santan kemasan, awet dan tidak basi sampai 5 hari

foto: TikTok/@rey_ana32

Biar lebih praktis digunakan kembali, simpan sisa santan dalam plastik untuk sekali pakai. Setelah diikat dengan karet, masukkan santan tersebut ke wadah kedap udara. Simpan santan ini di kulkas atau lemari es.

"Tips dia : JANGAN terdedah pada udara! (Tips nya: JANGAN terkena udara!)," terang TikTok/@rey_ana32.

Cara menyimpan sisa santan kemasan, awet dan tidak basi sampai 5 hari

foto: TikTok/@rey_ana32

Namun jika enggan membungkus sisa santan satu per satu, ada opsi lain yang lebih praktis, nih. Kamu cukup siapkan plastik ziplock yang sangat kedap udara. Lalu kamu bisa langsung meletakkan sisa santan tadi ke dalam plastik ziplock lalu tutup rapat.

Jika disimpan dengan cara tersebut, sisa santan bisa awet dan nggak basi sampai lima hari, lho. Karena plastik ziplock dapat meminimalisir udara dan kontaminasi dari luar. Sehingga santan pun jadi nggak mudah basi dan bisa digunakan kembali beberapa hari ke depan.

"Dah 5 hari Still okay! Jom masak lemak (udah 5 hari tapi masih bagus! Ayo masak makanan bersantan)," kata TikTok/@rey_ana32 lebih lanjut.

Cara menyimpan sisa santan kemasan, awet dan tidak basi sampai 5 hari

foto: TikTok/@rey_ana32

Ditonton lebih dari 200 ribu kali, video milik TikTok/@rey_ana32 rupanya menarik perhatian warganet. Tak heran jika banyak penghuni TikTok yang ikut menanggapi dan membanjiri kolom komentar video tersebut.

@rey_ana32 Santan kotak paling renyah! Pakai sikit esok dah tak okay kan? #gengdapur mesti selalu dah ni. Jom try tips ni! Kita dah siap seminggu simpan pon elok tak ketul #fyp #fyp #santan #kotak #gengdapur #kitchen #kitchenhacks #tipsandtricks #freesiabox #freesiabox_barangdapurmurah Dj Jalan Pargoy X Goyang Jaypong - DJ MIFTAH

"Wah baru tau," ungkap TikTok/@surayamasak.

"terima kasih tipsnya," ungkap TikTok/@mayashhh90.

"saya buata cara kedua," sahut TikTok/@hazirah.zaini.

"tq sharing sis...sgt berguna ni... selalu mmg akn simpan lebihan santan...sbb pkai skit je..lps ni boleh cuba cara ni (terima kasih sharingnya kak...ini sangat bermanfaat...jadi lebih hemat santannya...karena aku biasanya pakai sedikit..maka bisa coba cara ini)," kata TikTok/@myiezalegacy.

"1 lg, tuang dlm ziplock bag, masa bekukan, biar leper. nnt nk pakai sikit, mudah patah² kan. kalau berketul, masuk blender. kalau sikit, pakai frother (1 lagi, tuang di ziplock bag, kalau sudah beku biarkan rata. Aku tidak ingin menggunakannya sedikit, mudah rusak, kan? jika menggumpal, masukkan ke dalam blender. jika sedikit, gunakan buih)," tutur TikTok/@mitra1879.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya