Cara praktis bersihkan talenan kayu hitam, kinclong seperti baru

Cara praktis bersihkan talenan kayu hitam, kinclong seperti baru
TikTok/@momihood

Brilio.net - Talenan jadi salah satu alat dapur yang sangat penting. Dijadikan sebagai alas memotong bahan makanan yang akan dimasak, sebagian besar orang mengandalkan talenan. Sehingga bahan makanan tersebut bisa lebih higienis dan tidak terkontaminasi.

Talenan sendiri dikategorikan sesuai bahannya, ada talenan plastik dan talenan kayu. Namun di antara dua jenis tersebut, talenan kayupaling sering jadi pilihan. Bukan tanpa alasan, talenan kayu dianggap lebih higienis dibandingkan talenan plastik, lho.

Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih,gov, penelitian Dean O. Cliver dari University of California menemukan bahwa sebenarnya talenan kayu mengandung lebih sedikit bakteri. Hal ini karena pori-pori pada kayu akan mengunci bakteri yang masuk ke dalamnya. Bakteri tersebut tidak bisa berkembang atau muncul lagi ke permukaan. Bahkan pada akhirnya, bakteri tersebut bisa mati dengan sendirinya.

Namun di sisi lain, merawat talenan kayu menjadi hal yang cukup merepotkan, lho. Karena jika tidak dirawat dan dicuci dengan baik, akan sangat mungkin tumbuh jamur pada talenan. Jamur ini akan membuat permukaan talenan jadi menghitam. Jika sudah begitu, tentu kamu jadi lebih risih dan enggan menggunakannya lagi.

Padahal sebenarnya, talenan kayu yang sudah menghitam sekalipun masih layak pakai. Asalkan dibersihkan dengan cara yang tepat, talenan kayu yang hitam bisa kinclong serta mengilap seperti baru. Hal ini rupanya pernah dibuktikan oleh salah satu warganet TikTok.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya