Cara mudah merebus candil agar tidak hancur dan lengket

Cara mudah merebus candil agar tidak hancur dan lengket
TikTok/@firhan_ashari

Brilio.net - Tak cuma kaya akan tradisi dan budaya, Indonesia juga memiliki segudang makanan khas yang menggugah selera. Salah satunya adalah bubur candil yang merupakan makanan khas Jawa Tengah. Cita rasanya yang legit dan manis, membuat banyak orang menggemari bubur candil.

Bubur candil sendiri identik dengan sajian takjil saat buka puasa, namun hidangan ini juga kerap disajikan saat momen-momen tertentu. Seperti saat arisan, acara nikahan, maupun dijadikan sebagai hampers.

Bubur ini memiliki isian bubur sumsum yang dilengkapi dengan candil. Nah, candil ini terbuat dari campuran ubi dan tepung sagu yang dibentuk bulat. Selain kuah santan yang pas, tekstur candil memang jadi penentu kelezatan hidangan ini.

Saking nikmatnya, tak sedikit orang lantas mencoba membuat bubur candil sendiri di rumah. Namun, banyak yang mengalami kesulitan saat membuat candilnya, nih. Terkadang kalau takarannya kurang tepat atau salah memilih bahan, candil malah akan menjadi terlalu lembek.

Tak cuma itu, saat direbus, jika pakai teknik yang salah, candil justru menempel alias lengket satu sama lain. Belum lagi jika terlalu matang, candil malah akan mudah hancur jika diangkat. Maka dari itu, sebelum kamu membuat candil, pahami dulu bagaimana cara dan triknya.

Namun demikian, pemilik akun TikTok/@firhan_ashari tidak sungkan membagikan trik merebuscandil dengan benar, lho. Melalui unggahan videonya, ia menjelaskan apabila memakai trik ini, candil jadi matang sempurna dan nggak lengket.

Cara mudah merebus candil agar tidak hancur dan lengket

foto: TikTok/@firhan_ashari

Pertama-tama siapkan adonan candil yang sudah dibentuk bulat. Siapkan pula panci yang sudah diisi air lalu panaskan. Air tersebut ia tambahkan gula pasir dan seikat daun pandan. Hal ini bertujuan untuk menambahkan cita rasa dan juga aromatik yang menggugah selera.

Saat gula pasir sudah larut, masukkan adonan candil yang telah disiapkan. Masukkan candil saat air belum mendidih secara perlahan, ya. Saat candil sudah masuk, pastikan kamu tidak mengaduknya. Kalau diaduk malah berisiko hancur.

Cara mudah merebus candil agar tidak hancur dan lengket

foto: TikTok/@firhan_ashari

Jika candil sudah terlihat berubah warna dan kulitnya menjadi transparan, aduk secara perlahan. Proses ini memperlihatkan kalau kulit candil sudah bertekstur lebih keras dan kokoh dibanding sebelumnya. Aduklah secara perlahan dan pastikan candil tidak menempel satu dengan yang lain.

Jika sudah matang, agar lebih menyatu, tambahkan campuran tepung maizena dan air. Sambil diaduk secara perlahan, lama-kelamaan air gula rebusan candil akan mengental.

Cara mudah merebus candil agar tidak hancur dan lengket

foto: TikTok/@firhan_ashari

Jika candil sudah matang dan larutan air gula telah mengental, kamu bisa menyajikan candil dengan bubur sum-sum maupun kuah santan. Trik yang dilakukan oleh Firhan ini ternyata juga bisa dipraktikkan saat kamu sedang merebus biji salak.

Aksinya ini pun menuai pujian dari warganet dan sempat FYP di TikTok. Telah ditonton lebih dari 41 ribu kali, cara merebus candil ini sukses bikin terkesima warganet.

“Cantik kali candilnya,,," tulis akun TikTok/@Aneng Way dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@firhan_ashari pada Rabu (24/8).

“warna nya cakep ungu pakai ap,” ujar akun TikTok/@761313792733.

“candil nya cantik ky aku," kata akun TikTok/@Maria Al Wafi.

“Nah ! ini yang aku cari ," papar akun TikTok/@Emi Sastra.

“dapat ilmu..asek,” tulis akun TikTok/@Beloved'4d4mhAwa.

@firhan_ashari Merebus candil #tipsmakanan101 original sound - Firhan

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya