Cara merebus jantung pisang agar tidak berwarna hitam dan bergetah

Cara merebus jantung pisang agar tidak berwarna hitam dan bergetah
TikTok/@dapurmamaakbaralicia

Brilio.net - Tak hanya buahnya, bagian pisang lainnya juga bisa dimasak. Bagian tersebut tak lain adalah bagian jantung. Olahan jantung pisang tak cuma lezat, tapi juga kaya akan manfaat.

Dilansir dari healthline.com, bahan makanan satu ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, dan kandungan gizi lainnya. Sejumlah kandungan jantung pisang dapat dimanfaatkan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengetahui hal tersebut, tak salah jika banyak orang memilih untuk mengolah jantung pisang menjadi berbagai hidangan. Baik dimasak tumis maupun berkuah. Dengan campuran berbagai bahan dan bumbu, bisa membuat masakan jantung pisang memiliki cita rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Namun, sebelum mengolahnya menjadi berbagai menu hidangan, kamu harus merebus jantung pisang terlebih dahulu. Hal itu bertujuan supaya tekstur jantung pisang menjadi empuk sekaligus. Tak sekadar empuk, dengan merebusnya dahulu, bisa membersihkan jantung pisang dari getah yang masih menempel.

Sayangnya, meskipun mengolah jantung pisang tidak ribet dan nggak butuh keahlian khusus. Masih banyak orang berpikir dua kali untuk mengolahnya, nih. Hal itu karena jantung pisang biasanya jika sudah direbus malah berubah warna menjadi hitam. Warna hitam membuat makanan menjadi tidak menarik.

Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi, ada cara jitu memasak jantung pisang agar tidak berwarna hitam, lho.

Cara merebus jantung pisang agar tidak berwarna hitam dan bergetah

foto: TikTok/@dapurmamaakbaralicia

Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@dapurmamaakbaralicia pada Sabtu (20/8), caranya sebenarnya simpel dan sama seperti merebus bahan makanan pada umumnya. Langkah pertama adalah kupas tiap lapisan kulit yang berwarna merah pada jantung pisang. Bunga-bunga di jantung pisang pun ikut dipisahkan dan tidak digunakan. Bagian yang berwarna putihnya saja yang dipakai.

Cara merebus jantung pisang agar tidak berwarna hitam dan bergetah

foto: TikTok/@dapurmamaakbaralicia

Di sisi lain, siapkan dan rebus air di panci sampai mendidih. Jika air sudah mendidih, kamu bisa mengiris jantung pisang di atas panci langsung. Tanpa menggunakan talenan atau alas apapun saat mengirisnya. Usut punya usut, kalau memakai alas, justru jantung pisang bisa berubah jadi hitam ketika dimasak.

Cara merebus jantung pisang agar tidak berwarna hitam dan bergetah

foto: TikTok/@dapurmamaakbaralicia

Tak perlu terlalu lama merebusnya, jika jantung pisang sudah terlihat berubah teksturnya, kamu bisa mengangkatnya dengan saringan kemudian tiriskan. Jika sudah, jantung pisang rebus bisa diolah menjadi berbagai menu hidangan favorit.

Video yang diunggah oleh akun TikTok/@dapurmamaakbaralicia telah ditonton lebih dari 170 ribu kali. Tak sedikit penghuni TikTok lain merasa senang bisa mengetahui trik yang dijelaskan tersebut.

"makasih bund resep nya aq masak pasti hitam," tulis akun TikTok/@keyshaaurellia.

"wah terimakasih bund tips nya," ujar akun TikTok/@Mom army.

"terimakasih infonya," komentar akun TikTok/@KANCAKU CILIK.

"makasih bund tipsnya," tutur akun TikTok/@Hartini Titin.

"oh begitu ta cara memasak jantung supaya GK hitam ...terima kasih ya bunda resepnya, jadi pengen nyoba," tulis akun TikTok/@Mbah uti.

@dapurmamaakbaralicia Balas @dapurmamaakbaralicia Cara memasak jantung pisang agar tidak Hitam bund #jantungpisang #resepmasakan #food Milk Tea - Official Sound Studio

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya