Cara jitu menanak nasi kepyar ala pedagang keliling, mudah ditiru

Cara jitu menanak nasi kepyar ala pedagang keliling, mudah ditiru
TikTok/@cheekykiddo

Brilio.net - Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari, terutama bagi masyarakat Indonesia. Nasi merupakan sumber karbohidrat utama daripada makanan lainnya. Bahkan ada anggapan, rasanya masih nggak makan kalau belum menyantap nasi.

Selain karbohidrat, nasi juga kaya akan nutrisi lainnya. Dilansir dari healthline.com, nasi putih mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium. Biasanya banyak orang menyantap nasi putih dipadukan aneka lauk pauk seperti ayam, telur, daging, maupun sayur.

Namun, selain disantap bersaama aneka lauk, nasi putihjuga bisa dikreasikan menjadi hidangan yang tak kalah lezat. Salah satunya dimasak jadi nasi goreng. Menu nasi goreng biasanya dicampur dengan berbagai bumbu dan aneka topping. Nasi goreng banyak dijual di berbagai warung makan, pedagang kaki lima, hingga di restoran.

Nah, nasi goreng yang dijual di pedagang kaki lima atau di gerobak disebut dengan nama nasi goreng tek-tek. Umumnya nasi goreng tersebut cenderung memiliki cita rasa manis campur gurih. Sedangkan tekstur nasi yang dipakai terlihat lebih kering dan kepyar alias nggak lengket.

Kepyar bukan berarti tidak matang, lho. Namun nasi jenis ini punya ciri khas tersendiri yang membuatnya semakin digemari. Sebenarnya cara membuat nasi kepyar tidaklah sulit. Hampir sama dengan menanak nasi pada umumnya.

Akan tetapi sangat disayangkan, tak sedikit orang mengeluh gagal membuat nasi kepyar. Alih-alih kepyar, jadinya justru nasi lebih lembek. Apabila dibuat menjadi nasi goreng ala pedagang keliling, tidak seenak yang dijual di luaran sana.

Kendati demikian, kamu nggak perlu khawatir lagi, rupanya ada cara gampang menanak nasi biar kepyar dan cocok untuk diolah menjadi nasi goreng tek-tek, nih.

Cara tersebut diunggah oleh salah seorang warga TikTok pemilik akun @cheekykiddo. Dilansir BrilioFood dari akun @cheekykiddo pada Minggu, (14/8), langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Ia mencucinya sebanyak tiga kali bilas dengan air yang mengalir. Pastikan sampai beras bersih dan warna air cucian berasanya juga sudah bening.

Cara jitu menanak nasi kepyar ala pedagang keliling, mudah ditiru

foto: TikTok/@cheekykiddo

Usai air bilasan terakhir dibuang, ia tambahkan lagi dengan ukuran 1:1. Dalam artian, jika beras yang digunakan 1 gelas, maka air yang ditambahkan pun sebanyak 1 gelas. Lalu ia memasaknya di dalam rice cooker.

Cara jitu menanak nasi kepyar ala pedagang keliling, mudah ditiru

foto: TikTok/@cheekykiddo

Jika sudah matang, jangan langsung dibuka tutup rice cookernya. Jika langsung dibuka, tekstur nasi malah akan menjadi lengket. Tunggu hingga lima belas sampai dua puluh menit, ya. Kalau sudah, buka dan aduk nasi. Hal ini bertujuan agar nasi fluffy atau empuk dan nggak lengket.

Cara jitu menanak nasi kepyar ala pedagang keliling, mudah ditiru

foto: TikTok/@cheekykiddo

Jika sudah, ambil dan masukkan nasi yang sudah dingin ke wadah. Pastikan kamu menggunakan wadah yang terdapat tutup kedap udara. Kemudian masukkan ke kulkas bagian bawah.

Nah, kamu bisa mendapatkan nasi dengan tekstur ambyar atau kepyar dengan menaruhnya selama satu hari di dalam kulkas. Jika sudah kepyar, kamu bisa mengolahnya menjadi nasi goreng yang mirip ala pedagang keliling.

Melihat video menanak nasi kepyar ini, tak sedikit yang memberikan respons komentar. Ternyata selama ini masih banyak yang justru memakai atau memanfaatkan nasi sisa untuk membuat nasi goreng. Alhasil, banyak yang ingin mencoba mempraktikkan menanak nasi ala @cheekykiddo.

"lebih sering pake nasi sisa malam sebelum nya buat nasi goreng pas besok nya," ujar akun TikTok/@Gun & Toro.

"wahhh makasihhhh tipsnya.. soalnya tiap bikin nasgor nasinya pulen jadi ga enak krna ga ambyaaar kek nasi babang2... very helpfull mksh cantikk ," tulis akun TikTok/@Siapa aku?.

"nasi gini enak nih buat bkin nasi goreng!! jd ga lembek dan ngegumpal ," tutur akun TikTok/@anastasia_bernadette.

"alhamdulillah saya selalu seperti itumemang itu yg lebih di anjurkan neng…," komentar akun TikTok/@wulan sari.

"aku bgt klo mo bikin nasgor masukin ke kulkas dulu nasinya," sahut akun TikTok/@Nona Dee.

@cheekykiddo tutorial nasi ambyar! kali ini dubbing biar lebih jelas #berbagiilmu #samasamabelajar #xyzbca #bersamatoday - yura.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya