Jarang diketahui, begini cara masak tumis sayur agar tetap renyah

Jarang diketahui, begini cara masak tumis sayur agar tetap renyah
foto: TikTok/@cik.tan

Brilio.net - Menutrisi tubuh dengan asupan makanan sehat penting untuk dilakukan secara rutin. Dilansir dari who.int, menjalankan pola makan sehat dan seimbang bisa menjaga tubuh dari risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, serta kanker.

Jenis makanan sehat sendiri beragam banget, mulai dari protein hewani rendah lemak, kacang-kacangan, buah-buahan, sampai sayuran. Sayuran sendiri jadi bahan makanan sehat dengan segudang nutrisi. Selain itu, harganya yang terjangkau dan mudah diolah bikin sayuran bisa jadi menu sehat sehari-hari.

Sayuran punya berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Sayuran yang paling populer di kalangan masyarakat ada selada, bayam, kubis, sawi, pakcoy, brokoli, timun, pagoda, kembang kol, dan masih banyak lagi. Punya rasa yang enak, berbagai sayuran ini kerap dipilih karena mudah dibuat dalam waktu relatif singkat.

Biar tetap simpel, sayuran ini bisa diolah jadi tumisan pakai bumbu sederhana yang ada di rumah. Meski terkesan simpel, namun membuat tumis sayur nggak asal dimasak, lho. Kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar tumis sayur buatanmu teksturnya tetap terjaga. Selain itu, nutrisinya juga tak hilang.

Nggak harus belajar dari ahli gizi, kamu bisa meniru resep tumis sayur dari salah satu warga TikTok dengan akun bernama @cik.tan. Akun yang memang gemar berbagi resep masakan sederhana tersebut baru-baru ini membagikan cara bikin tumis sayur yang renyah dan enak.

Menurutnya, tumis sayur lebih enak kalau teksturnya masih renyah saat dikunyah. Selain tak membutuhkan waktu lama, bumbu yang dipakai untuk membuat tumis sayur ini pun sederhana banget, tapi bikin rasa tumisannya sayurnya sedap.

@cik.tan Kuncian gw kalau tumis sayur. Bahannya sederhana, masaknya cepet, jadinya enak! #reseptiktok #resepsimple #resepdiet Dunia Tipu-Tipu - Yura Yunita

"Kuncian gw kalau tumis sayur. Bahannya sederhana, masaknya cepet, jadinya enak!" ujar wanita yang akrab disapa Cik Tantri ini, dilansir BrilioFood pada Kamis (11/8).

Bahan yang dibutuhkan oleh Cik Tantri hanya sayur, bawang putih, gula, garam, kaldu jamur, serta lada. Nah, kali ini ia pakai satu bonggol sayur pagoda. Sayur satu ini menurutnya mirip dengan sawi, tapi rasanya lebih enak dan tidak pahit. Nggak hanya pagoda, menurutnya hampir seluruh jenis sayur juga bisa dimasak dengan cara ini, lho.

"Cara masak ini bisa dipakai untuk hampir semua sayuran, pagoda, pakcoy, sawi, brokoli, sawi putih, bebas," ungkapnya.

Langkah pertama, potong-potong dan cuci bersih terlebih dahulu sayur pagodanya sebelum dimasak. Ia juga langsung menyiapkan beberapa butir bawang putih geprek dan semua bumbu bubuk yang diperlukan. Kemudian, panaskan wajan atau kuali yang sudah diisi sedikit minyak.

Jarang diketahui, begini cara masak tumis sayur agar tetap renyah

foto: TikTok/@cik.tan

Cik Tantri juga menjelaskan kalau wajannya harus didiamkan sampai benar-benar panas sebelum memasukkan bahan lainnya. Setelah wajan dan minyaknya panas, bawang putih masuk terlebih dahulu dan tunggu sampai agak kecokelatan. Setelah itu, tambahkan sisa bumbu lainnya dan diaduk rata.

Jarang diketahui, begini cara masak tumis sayur agar tetap renyah

foto: TikTok/@cik.tan

Sembari mengaduk, Cik Tantri langsung memasukkan sayur pagodanya ke dalam wajan. Saat memasak tumis sayur, terutama sayuran berdaun, menurutnya tak perlu lagi menambahkan air biar hasilnya masih sangat renyah nantinya. Lantaran nggak pakai air dan hanya butuh waktu sebentar, ia pun terus menumis sayurnya dengan spatula biar nggak mudah gosong. Setelah matang, sayurnya pun bisa langsung dipindahkan ke piring.

Jarang diketahui, begini cara masak tumis sayur agar tetap renyah

foto: TikTok/@cik.tan

Tumis sayur yang tidak ditambah air ini juga bikin hasilnya lebih lezat, lho. Menurutnya, hal ini dikarenakan olah gula yang meleleh dan terkaramelisasi saat masuk ke dalam wajan yang benar-benar panas. Bisa bayangkan rasa lezatnya di setiap gigitan?

"Karena apinya tuh panas, gulanya tuh jadi terkaramelisasi dan jadi ada bau-bau smokey (asap) gitu, lho. Ingat ya, masaknya jangan terlalu lama supaya sayurnya tuh masih jadi crunchy (renyah) kayak gini," ucapnya.

Video cara masak tumis sayur ala Cik Tantri ini tak hanya sempat masuk FYP (for your page) di TikTok, tapi juga sudah mendapat ribuan likes, lho. Beberapa warga TikTok lain juga antusias memberi komentar menarik di video milik Cik Tantri ini.

"Ini w bgt, apapun sayurnya bumbunya baput doang wkwwk," ujar TikTok/@Fuduz Fairy.

"Krna acne aku jadi gak bisa lepas sama sayur," ungkap TikTok/@laila.

"Cakep banget sayurnya aaaaa jd pengen cobaa," kata TikTok/@sasaQrenz.

"Aku sukanya yg masih krenyes2 tp ibuku gasuka harus lembek ;(," tulis TikTok/@Kwetiawgorengpedesdikit.

"Nyes banget kayaknya kedengerannya...," komentar akun TikTok/@ngartoonis.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya