Cara praktis goreng dada ayam agar empuk dan tak kering, minim minyak

10 / 08 / 2022 18:02 WIB Shahfara Raida
Cara praktis goreng dada ayam agar empuk dan tak kering, minim minyak
TikTok/@diarysianakkos

Brilio.net - Daging hewani termasuk ayam umum dikonsumsi kebanyakan orang sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dilansir dari thecoldwire.com, ayam termasuk salah satu lauk paling populer, lho. Sebab, ayam tinggi gizi, mudah didapat, harganya relatif murah, dagingnya empuk, dan rasanya enak.

Menurut data United Nations Food and Agriculture Organization pada 2019, daging ayammenduduki peringkat kedua tertinggi sebagai daging hewani yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Nggak heran dari tahun ke tahun banyak restoran terus bermunculan menyajikan hidangan ayam, bukan?

Ayam, khususnya bagian dada sering dijadikan menu diet bagi sebagian orang. Dilansir dari healthline.com, dada ayam cocok untuk diet karena bagian ini paling tinggi protein tapi lemak dan kalorinya rendah.

Manfaat mengonsumsi dada ayam saat diet bisa membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, sampai mempercepat pemulihan tubuh usai berolahraga. Namun, dada ayam sering kali dihindari karena dianggap lebih keras dan tak selezat bagian ayam lain, nih.

Dada ayam yang jadi umumnya punya tekstur keras. Tapi siapa sangka, ternyata dada ayam yang keras itu bisa terjadi karena salah proses memasak.

Nah, seorang warganet dengan akun TikTok @diarysianakkos punya jalan ninja untuk membuat dada ayam jadi lembut dan nggak kering, lho. Ia mengaku sebelumnya tak tahu cara masak dada ayam yang benar. Tapi, semenjak diet, ia menemukan caranya dan sekarang nggak lagi khawatir soal tekstur dada ayam.

"Gegara diet, sering bgt makan dada ayam. Tadinya mikir bakal seret, eh ketemu cara masak yang bener2 bikin dada ayam tetep juicy," tulis wanita yang bernama Sarah Lucia yang telah dikutip BrilioFood dari TikTok/@diarysianakkos pada Rabu (10/8).

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan satu bagian dada ayam di sebuah wadah. Ia juga menjelaskan jika dada ayam tak perlu dipotong maupun ditusuk sebelum dimasak. Dada ayam kemudian dimarinasi terlebih dahulu dengan air perasan lemon, garam, lada, dan bubuk bawang putih. Setelah itu, baluri sampai bumbu merata, lalu diamkan selama 10 menit.

Cara praktis goreng dada ayam agar empuk dan tak kering, minim minyak

foto: TikTok/@diarysianakkos

Setelah itu ia panaskan wajan antilengket dengan api yang tidak terlalu besar. Kemudian tuang cukup satu sendok teh minyak saja. Jadi makin hemat minyak dan lebih sehat, kan?

Menurut Sarah Lucia, minyaknya pun menyesuaikan selera ingin pakai apa. Misalnya minyak goreng biasa atau minyak lainnya. Jika wajan sudah cukup panas, dada ayam bisa langsung diletakkan di atasnya.

Cara praktis goreng dada ayam agar empuk dan tak kering, minim minyak

foto: TikTok/@diarysianakkos

Cara masak ini menurutnya penting banget untuk menghasilkan dada ayam yang empuk dan juicy, tapi tetap matang sempurna, yaitu dengan menutup wajan. Saat bagian bawah dada ayam sudah kecokelatan, balik dan masak kembali sisi satunya. Wajannya pun harus ditutup kembali selama proses memasak tersebut.

Cara praktis goreng dada ayam agar empuk dan tak kering, minim minyak

foto: TikTok/@diarysianakkos

Saat kedua sisi ayam sudah kecokelatan, tidak langsung diangkat. Ia matikan terlebih dahulu kompor, sedangkan dada ayamnya dibiarkan di dalam wajan yang masih dalam keadaan tertutup tersebut selama 5 sampai 10 menit. Ia menjelaskan, proses ini dikenal dengan sebutan 'resting' untuk membantu dada ayam lebih empuk.

Cara praktis goreng dada ayam agar empuk dan tak kering, minim minyak

foto: TikTok/@diarysianakkos

Usai proses resting selesai, ayam bisa langsung disajikan dan dinikmati. Sarah Lucia pun menambahkan tumisan kentang, jamur, serta pakcoy rebus sebagai pendamping dada ayam. Praktis banget, kan?

Buat yang sebelumnya enggan makan dada ayam karena teksturnya keras, kini jangan sungkan lagi memilih menu satu ini, ya.

Video cara masak dada ayam yang diunggah oleh Sarah Lucia sudah ditonton lebih dari ratusan ribu kali, lho. Rupanya saat menilik kolom komentar, banyak yang antusias ingin turut memasak dada ayam dengan cara ini. Bahkan, tak sedikit yang mengaku ngiler melihat lezatnya dada ayam buatan Sarah Lucia.

"Sebenernya kalo masak dada ayam jgn terlalu lamaa, kalo sekiranya udah mateng udahin aja masaknya, biar masih juicy ," ujar TikTok/@.

"Ini sehat, nikmat, mudah bikinnya... ," kata TikTok/@Dicky Mulyadi.

"mari kita coba," tulis TikTok/@Wulandari.

"Sumpah nelen ludah wkwkw," ungkap TikTok/@Jannata.

"kalo ayamnya fillet kecil2 bisa gak? soalnya aku masak selalu keras," tutur TikTok/@pc.

@diarysianakkos Gegara diet, sering bgt makan dada ayam. Tadinya mikir bakal seret, eh ketemu cara masak yang bener2 bikin dada ayam tetep juicy. Dressingnya pake Mushroom Truffle Sauce @nourish_indonesia YUMMY! #kulinerseruramadhan #reseptiktok #tipsmasak She Share Story (for Vlog) -

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya