Cara rebus telur tanpa kulit agar kuningnya tak pecah dan tetap cantik

Cara rebus telur tanpa kulit agar kuningnya tak pecah dan tetap cantik
TikTok/@clavaniakho

Brilio.net - Ada banyakcaramemasak telur yang bisa dipraktikkan di rumah. Tak cuma digoreng, telur pun dapat direbus sampai tingkat kematangan sesuai selera, lho. Nggak melulu direbus bersama kulitnya, kamu bisa membuat telur rebus tanpa kulit atau cangkang yang biasa dipakai untuk topping mi dan french toast.

Teknik merebus telur tanpa kulit juga dikenal dengan istilah poached egg. Bisanya poached egg akan menghasilkan telur dengan bagian putih matang dan kuning telurnya cair atau leleh.

Sayangnya tidak sedikit orang gagal membuat poacheded egg, nih. Alih-alih cantik, bentuknya malah pecah dan nggak karuan. Pasalnya, jika tidak dimasak dengan trik tepat, kuning telur justru bisa pecah dan lumer di dalam air. Atau bisa juga bagian putih telur tidak menggumpal dengan sempurna.

Memang diperlukan teknik khusus untuk menghasilkan poacheded egg antihancur. Jika ingin merebus telur tanpa kulit agar hasilnya cantik, kamu bisa meniru cara memasak yang dilakukan oleh pengguna TikTok @clavaniakho.

Cara rebus telur tanpa kulit agar kuningnya tak pecah dan tetap cantik

foto: TikTok/@clavaniakho

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok @clavaniakho pada Jumat (22/7), hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merebus air. Ketika sudah mulai panas dan agak mendidih, masukkan sedikit cuka. Kemudian aduk terus sampai air di panci terbentuk pusaran.

Sebelum itu, ceplok telur di mangkuk untuk memastikan bagian kuningnya tidak pecah. Lantas, tuang telur tepat di tengah pusaran air yang sedang direbus dan diaduk tadi. Biarkan sampai pusaran airnya mulai mereda.

Akun TikTok/@clavaniakho pun turut menjelaskan bahwa cara ini bisa membuat putih telur tidak menyebar atau pecah di air saat direbus. Selain itu, penggunaan cuka juga dapat mengikat telur supaya tidak mudah pecah.

"Jadi teknik ini tuh bikin telurnya ngumpul di tengah, jadi nggak menyebar, gitu," jelas sang pemilik video.

Cara rebus telur tanpa kulit agar kuningnya tak pecah dan tetap cantik

foto: TikTok/@clavaniakho

Setelah pusaran airnya mulai mereda, aduk-aduk secara perlahan memakai sendok untuk memastikan kuning telur terlapisi dengan putihnya. Jika putih telur sudah matang, angkat menggunakan sendok secara perlahan.

Video ini telah disukai lebih dari 28 ribu akun, cukup menarik perhatian warganet. Bahkan salah satu di antaranya turut menjelaskan fungsi cuka atau acid yang digunakan pada saat merebus telur tanpa kulit ini, lho.

"kalo gak pake cuka bisa ko pake acidity yang lain karena Asem itu bisa mengikat putih telur biar gak ambyar" jelas akun TikTok/@ucing_2.

Cara rebus telur tanpa kulit agar kuningnya tak pecah dan tetap cantik

foto: TikTok/@clavaniakho

Menurut pemilik akun, cuka yang dimasukkan tidak akan membuat rasa telur berubah.

"asem gak telur nya," tanya akun TikTok/@arxwank.

"Enggak kokk," balas akun @clavaniakho.

Cukup mudah bukan? Kamu bisa mencoba sendiri di rumah jika ingin merebus telur setengah matang. Namun sebaiknya gunakan telur segar yang berkualitas, supaya tetap sehat walau disantap dalam kondisi setengah matang.

@clavaniakho Telur poached egg anti gagal #telur #poachededegg #tipsmasak #fyp #foryou Wii Music - Markian

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya