Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal

04 / 08 / 2022 19:01 WIB Shahfara Raida
Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal
foto: TikTok/@diaz_kenzo

Brilio.net - Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan berbagai makanan dengan cita rasa lezat. Salah satunya ada aneka seafood seperti udang, cumi, kerang, sampai ikan. Nah, hidangan seafood ini nggak hanya bisa dimasak dalam keadaan segar, tapi bisa pula dipilih yang sudah diasinkan.

Di Indonesia sendiri, ikan asin jadi salah satu lauk sederhana yang kerap disantap sehari-hari. Dilansir dari the-chefs-wife.com, ikan yang diasinkan bisa jauh lebih awet saat disimpan dibanding ikan yang masih segar, lho. Selain itu, dengan melalui proses pengasinan, rasa ikan juga jadi lebih lezat dan teksturnya nikmat.

Jenis ikan asin juga beragam banget, mulai dari peda, teri, sepat, gabus, jambrong, sampai jambal yang selalu laris di pasaran. Ikan jambal ini teksturnya bakalan empuk usai dimasak dan rasanya nikmat. Nggak heran kan, kalau lauk satu ini bisa bikin stok nasi di rumah ludes. Apalagi disantap bareng sambal.

Namun, terkadang ikan jambal rasanya sangat asin meskipun sudah dicuci dan dimasak. Nggak banyak yang tahu, ternyata rasa asin dari ikan ini bisa dikurangi dengan trik yang tepat, lho. Di sebuah video yang diunggah akun TikTok/@diaz_kenzo pada 30 Desember 2021 lalu, dipaparkan cara mudah biar ikan asin jambal tak terlalu asin saat disantap.

Nggak pakai repot dan tak butuh banyak bahan, wanita bernama Diaz Kenzo ini hanya membutuhkan dua bahan untuk mengurangi rasa asin pada ikan jambal, yakni garam dan air panas. Menurutnya, garam justru membantu menetralkan rasa ikan jambal biar nggak terlalu asin.

Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal

foto: TikTok/@diaz_kenzo

"Kok ikan asin pakai garam? Iya, biar netral ikan asin pakai asin lagi, nanti dia (jadi) nggak terlalu asin," jelasnya di TikTok/@diaz_kenzo, dilansir BrilioFood pada Kamis (4/8).

Pertama-tama cukup siapkan beberapa potongan ikan asin jambal di dalam mangkuk. Dalam video tersebut, Diaz Kenzo pakai sekitar 12 potong ikan asin. Kemudian, ia taburi dengan garam sebanyak satu sendok teh. Jenis garam yang ia pakai pun cukup pakai garam meja yang biasa dijual di pasaran.

Setelah ikan sudah ditaburi garam, langsung tuangkan air panas sampai seluruh ikan jambal terendam sempurna. Semua bahan di dalam mangkuk kemudian diaduk sebentar sampai merata, lalu diamkan selama 30 menit. Selagi menunggu, ikan asin tak perlu diaduk sama sekali, cukup didiamkan begitu saja.

Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal

foto: TikTok/@diaz_kenzo

Kalau sudah 30 menit direndam, ikan jambal pun bisa langsung ditiriskan dan siap dimasak jadi makanan favorit. Diaz Kenzo juga menjelaskan kalau penting juga pakai aneka bumbu seperti bawang, cabai, dan rempah lainnya biar ikan asin jambal tak lagi keasinan dan semakin lezat.

"Pokoknya kita rendamnya kurang lebih 30 menit. Tapi jangan lupa kita irisin bawang merah, bawang putih, cabai," ujarnya.

Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal

foto: TikTok/@diaz_kenzo

Di video yang sudah mendapat ratusan likes ini pun dikomentari banyak warga TikTok lainnya. Tak sedikit yang mengaku baru mengetahui cara ini dan berterima kasih karena sudah sangat terbantu untuk mengurangi rasa keasinan dari ikan jambal.

"Baru tau,,ikan asin direndam ikan asin," ungkap TikTok/@Hafizaputri.

"Makasiiih tipsnyaa maak syg," kata TikTok/@Melisa "emaknya 3R".

"Jambal roti.. seriusan bun, rendem pake air garem lagi? Oke nanti aku coba," tulis TikTok/@Sartika_1090 di kolom komentar.

"Dapet ilmu ni,," ujar TikTok/@Selvian.

"Iya biasanya direndem pake air garam biar ga asin," jelas TikTok/@LOVERS yang sudah mengetahui trik ini.

@diaz_kenzo selamat sore maksudnya#MissingHalf #TemanHealing #fyp i love u i miss u - in_music6

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya