Cara mudah mengupas kulit kentang tanpa alat, lebih cepat dan efektif

Cara mudah mengupas kulit kentang tanpa alat, lebih cepat dan efektif
foto: TikTok/@lemaknyo

Brilio.net - Sebagai bahan makanan yang kerap digunakan, kentang merupakan jenis sayuran yang mudah diolah. Bahan makanan satu ini bisa digoreng ala french fries, dimasak perkedel, diolah jadi menu sayur, hingga bisa jadi bahan dalam pembuatan kue seperti donat kentang.

Walaupun begitu, mengupas kentang jadi salah satu proses memasak yang merepotkan bagi sebagian orang. Apalagi jika kentang yang akan dikupas berjumlah cukup banyak. Membayangkannya saja terasa melelahkan, ya. Beberapa orang biasa mengandalkan peeler atau alat kupas.

Namun tetap saja, mengupas kentang menggunakan peeler masih berpotensi membuat proses mengupas kulit kentang jadi tidak bersih. Terlebih jika permukaan kentang cenderung tidak rata. Padahal, ada trik mudah yang bisa dilakukan jika hendak mengupas kulit kentang tanpa alat.

Trik ini cocok untuk kamu yang hendak membuat olahan kentang, terutama dalam jumlah banyak. Trik mengupas kulit kentang tanpa alat ini dibagikan oleh sebuah akun TikTok bernama @lemaknyo. Lewat salah satu videonya, ia memperlihatkan trik mudah mengupas kulit kentang tanpa bantuan alat.

Cara mudah mengupas kulit kentang tanpa alat, lebih cepat dan efektif

foto: TikTok/@lemaknyo

Dilansir BrilioFood, Jumat (5/8), dalam video tersebut, akun TikTok @lemaknyo memperlihatkan setiap step dengan berurutan. Sebelum dikupas, pastikan kentang yang akan dikonsumsi sudah dicuci hingga bersih dengan air mengalir. Kemudian, sayat kulit kentang bagian tengah mengelilingi sisi kentang.

Tidak perlu terlalu dalam saat menyayat kulit kentang. Siapkan juga panci yang berisi air hangat, kemudian masukkan kentang, dan rebus hingga matang. Tiriskan kentang dan rendam di air dingin atau air es selama beberapa saat. Setelah kentang sudah dingin, genggam kentang dengan dua tangan, lalu putar sedikit untuk memisahkan bagian kulit dan dagingnya.

Cara mudah mengupas kulit kentang tanpa alat, lebih cepat dan efektif

foto: TikTok/@lemaknyo

Barulah kemudian tarik dan kupas semua bagian kulitnya hingga bersih. Trik mengupas kentang ini bisa dipraktikkan jika kamu hendak membuat olahan kentang rebus. Selain lebih mudah dan cepat, trik yang dipaparkan akun TikTok/@lemaknyo tersebut juga efektif membuat bagian kentang tidak ada yang terbuang sia-sia.

"Dan kentangnya nggak kebuang banyak, guys. Setipis itu, lho," ungkapnya.

Cara mudah mengupas kulit kentang tanpa alat, lebih cepat dan efektif

foto: TikTok/@lemaknyo

Video tutorial mengupas kentang itu pun turut mengundang perhatian banyak warganet. Hal ini terbukti dari angka viewers yang sudah ditonton ratusan ribu kali. Beberapa di antaranya juga mengaku senang mendapat trik baru untuk mengupas kentang. Bahkan ada yang hendak mempraktikkannya secara langsung.

"thx kak tutorialnya," kata akun TikTok/@copcop.id.

"aku cubak yoo," ungkap akun TikTok/@eatanddate.

"slalu bermanfaat ci , trimakasih," tulis pengguna TikTok/@chikoooo._ dalam kolom komentar.

"semangat kk. video nya sangat bermanfaat," ujar akun TikTok/@aapy04.

@lemaknyo CARA MENGUPAS SI KENTANG #berbagiskill #samasamabelajar #food #kuliner #fyp #kentang #lifehack #diy - Red Velvet

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya