Cara simpel goreng kacang tanah agar matang merata dan antigosong

Cara simpel goreng kacang tanah agar matang merata dan antigosong
foto: TikTok/@jsx_official

Brilio.net - Kacang tanah atau Arachis hypogaea merupakan jenis kacang-kacangan yang populer di dunia. Kacang jenis ini juga yang paling banyak dikonsumsi. Pasalnya, kacang tanah bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Tak cuma menu hidangan berat, namun juga bisa dibuat menjadi aneka camilan yang bikin nagih.

Tak cuma lezat, kacang tanah juga kaya akan manfaat. Dilansir dari healthline.com, kacang tanah mengandung vitamin B kompleks, zat besi, fosfor, kalium, dan natrium. Kandungan nutrisi ini dapat membantu mengurangi berat badan, mengontrol kadar kolesterol, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dengan banyaknya manfaat yang ada, nggak salah kalau banyak yang memilih kacang tanah sebagai bahan utama untuk membuat aneka masakan. Biasanya, sebelum diolah menjadi suatu masakan, kacang tanah harus digoreng terlebih dahulu. Meski terlihat sederhana, cara menggoreng kacang tanah ternyata gampang-gampang susah, lho.

Pasalnya, tak sedikit juga yang punya pengalaman menggoreng kacang tanah, tapi hasilnya tidak matang merata dan gosong. Padahal, kacang tanah yang terlalu matang dan gosong bisa menimbulkan rasa pahit pada makanan yang dihasilkan nantinya.

Agar kacang tanah yang kamu goreng matang sempurna dan nggak gosong, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh akun TikTok bernama @jsx_official. Lewat salah satu videonya, TikTokers yang juga dikenal dengan nama Kang Batagor ini memperlihatkan trik menggoreng kacang tanah agar matang merata dan tidak gosong.

Cara simpel goreng kacang tanah agar matang merata dan antigosong

foto: TikTok/@jsx_official

Dilansir dari BrilioFood pada Kamis (11/8), kacang tanah tidak langsung digoreng dalam minyak panas. Sebaliknya, akun TikTok/@jsx_official justru menuangkan minyak goreng ke dalam wajan terlebih dahulu, baru memasukkan kacang tanah. Setelah itu, baru nyalakan kompor dengan api kecil. Memasukkan kacang tanah saat minyak goreng belum panas bertujuan agar kacang tidak cepat gosong.

Cara simpel goreng kacang tanah agar matang merata dan antigosong

foto: TikTok/@jsx_official

Setelah kacang tanah dimasukkan ke dalam wajan, pastikan kamu selalu mengaduk-ngaduknya secara perlahan. Hal ini bertujuan agar kacang tanah bisa matang dengan merata dan tidak gosong. Selama menggoreng kacang, pastikan api yang digunakan tetap dalam keadaan kecil.

Cara simpel goreng kacang tanah agar matang merata dan antigosong

foto: TikTok/@jsx_official

Setelah warna kacang tanah hampir cokelat dan terlihat hampir matang, matikan api. Kemudian angkat kacang tanah dengan saringan. Tak perlu khawatir belum matang, karena kacang nantinya akan matang dalam suhu ruang. Jika kacang tanah diangkat saat berwarna cokelat, hasilnya justru akan gosong dan terasa pahit saat diolah.

@jsx_official hehe masih belajar maaf kalo salah#tukangbatagor #fyp #fypdongggggggg Saya Siap Untuk Jualan - Dedy Budiman

Dengan trik mudah tersebut, kamu bisa menggoreng kacang tanah dengan merata dan tidak gosong. Video tutorial menggoreng kacang tanah ini pun menuai perhatian warganet. Unggahan yang sudah ditonton ratusan ribu kali tersebut pun banyak menuai komentar dari warganet.

"Terimakasih infonya," ujar akun TikTok/Mommy R. Aruna.

"Ohh pantesan kalo gue goreng gosong truss mksih tipsx," tulis akun TikTok/Caca.

"Maksih resepnya kk soalnya tiap goreng kacang sllu gosong jadi pahit," ujar akun TikTok/@kak_r1na.

"Terimakasih ya Bang," ujar akun TikTok/@co_Jho J4T1M.

"Wah tambah ilmu ni," tulis akun TikTok/@Butterfly koi Bakery Bali.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya