Trik menyimpan cumi ini bikin segarnya tahan lama dan antibau

Trik menyimpan cumi ini bikin segarnya tahan lama dan antibau
foto: TikTok/@sokofood

Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Nggak salah kalau berbagai jenis seafood kerap dijadikan pilihan untuk menu makan sehari-hari. Berbagai olahan seafood, seperti sate kerang, kepiting saus Padang, rendang lokan, sotong pangkong, dan masih banyak lagi kerap jadi makanan favorit.

Sebagai bahan makanan yang biasa diolah, seafood pun kerap disimpan dalam kulkas untuk stok. Menyimpan seafood tentu bisa membuatnya bisa diolah sewaktu-waktu. Namun perlu diperhatikan juga bahwa hewan laut cenderung mudah membusuk ketika tidak disimpan dengan cara yang baik. Begitu pula dengan cumi.

Nggak asal disimpan dalam lemari es, ada beberapa trik menyimpan yang perlu diperhatikan agar cumi nggak gampang busuk. Selain itu, menyimpan cumi dengan baik dan benar juga dapat menjaga kondisinya tetap segar dan terhindar dari bau. Kamu bisa menemukan berbagai trik menyimpan cumi yang dibagikan warganet di linimasa.

Salah satunya video TikTok dari akun @sokofood yang membeberkan trik menyimpan cumi agar lebih awet dan antibau. Dilansir BrilioFood pada Selasa (9/8), cumi yang akan disimpan sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Kemudian pisahkan bagian kepala dan tubuh cumi. Jangan lupa keluarkan bagian tinta pada tubuh cumi.

Trik menyimpan cumi ini bikin segarnya tahan lama dan antibau

foto: TikTok/@sokofood

Setelah tinta cumi dikeluarkan, kemudian bersihkan bagian hitam pada kulit cumi. Sembari dicuci, potong-potong bagian tubuh cumi agar lebih mudah disimpan dan bisa langsung diolah. Sebelum disimpan, cumi bisa dipotong-potong bentuk bulat atau bisa juga diiris tipis menjadi bentuk pipih dan datar.

Trik menyimpan cumi ini bikin segarnya tahan lama dan antibau

foto: TikTok/@sokofood

Jangan lupa juga memberi kerat-kerat pada bagian tubuh cumi yang sudah dipotong-potong. Pastikan juga untuk membuang mata cumi di bagian kepalanya. Saat mencuci pastikan semua kotoran yang masih menempel benar-benar hilang hingga bagian dalam cumi. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mencuci cumi dengan air mengalir.

Letakkan cumi yang sudah dipotong dalam wadah. Kemudian siram cumi dengan air panas dan aduk-aduk sebentar. Alih-alih langsung disimpan, cumi yang disiram dengan air panas sebaiknya didiamkan dulu hingga 1-2 menit.

Trik menyimpan cumi ini bikin segarnya tahan lama dan antibau

foto: TikTok/@sokofood

Setelah itu, masukkan cumi ke dalam wadah kedap udara. Kemudian tutup wadah, dan simpan cumi di dalam kulkas bagian freezer. Walau beku, namun daging cumi tetap fresh dan enak ketika dimasak nantinya. Hal ini pun dapat membuat cumi terhindar dari aroma tidak sedap sebelum diolah.

Trik menyimpan cumi ini bikin segarnya tahan lama dan antibau

foto: TikTok/@sokofood

Video kitchen hack tentang menyimpan cumi tersebut pun berhasil menarik perhatian pengguna TikTok lainnya. Hingga kini, video tersebut sudah ditonton lebih dari dua juta kali. Banyak warganet yang turut meninggalkan komentar yang cukup beragam. Beberapa bahkan baru mengetahui trik membersihkan dan menyimpan cumi dengan benar.

@sokofood Bersihkan Cumi #inidiacaranya #kulinertiktok #IdeaPadMyManySelves #mendadakloading #samasamabelajar #masakansimple #tipsmakanan101 original sound - Bima_studio

"Pantesan aku masak cumi ngak enak,,,. Mata nya ngak aku buang,. amis dah dimakan," tulis pengguna TikTok/@doveyldovey.

"Makasih infonya bro," ujar akun TikTok/@jo_mamasofat.

"Wah, baru tau makasih kk sangat bermanfaat bgt nih," ungkap pengguna TikTok/@vallov_.

"Dimasak garing-garing enak apa lagi campur mie minum nya Coca cola," pungkas akun TikTok/@gann_edzzt0.

"Cumi enak bngt fix no debat," kata akun TikTok/@eppoykaramoyy.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya