Cara mengupas kentang pakai sikat cuci baju ini unik dan kreatif abis

08 / 08 / 2022 13:02 WIB Annathiqotul Laduniyah
Cara mengupas kentang pakai sikat cuci baju ini unik dan kreatif abis
TikTok/@masrakha72

Brilio.net - Kentang tak sekadar dijadikan pengganti nasi, bahan makanan satu ini kerap dijadikan bahan dasar aneka hidangan. Rasanya enak dan teksturnya lembut saat dimasak, membuat kentang semakin praktis diolah.

Namun sebelum dimasak, jangan lupa kupas terlebih dahulu kulitnya, ya. Sayangnya, mengupas kulit kentang ternyata sulit-sulit gampang, lho. Karena cukup memakan waktu, tak sedikit orang menganggap pekerjaan ini ribet. Terlebih jika tak mahir mengupas kentang, yang ada dagingnya juga ikutan banyak terkupas, nih.

Nah, untuk memudahkan pekerjaan tersebut, seorang warganet membuat alat pengupas kentang yang cukup unik. Alih-alih pakai pisau, dia bikin alat pengupas kentang dari sikat cuci baju.

Alat sekaligus cara mengupas kentang pun dia perlihatkan melalui akun TikTok/@masrakha72. Walau tampak tak lazim, namun mengupas kentang dengan sikat cuci baju tersebut ternyata cukup efektif.

Cara mengupas kentang pakai sikat cuci baju ini unik dan kreatif abis

foto: TikTok/@masrakha72

Pada video TikTok/@masrakha72 yang dilansir BrilioFood, Senin (8/8), tampak dua buah kentang dimasukkan ke dalam wadah yang di bagian dasar dan samping sudah ditempeli sikat cuci baju.

Saat wadah yang dibuat menjadi mesin itu dinyalakan, dasar alat tersebut akan berputar dan kentang pun mengalami gesekan. Setelah kentang terus-menerus terkena gesekan, kulit pun secara otomatis terkelupas dengan sendirinya.

Pemilik video tersebut nggak sungkan berbagi hasil kentang yang sudah dikupas dengan sikat cuci baju. Kentang terlihat begitu bersih dan hasil kulit kupasannya tipis. Sehingga kentang bisa siap diolah menjadi berbagai masakan.

Cara mengupas kentang pakai sikat cuci baju ini unik dan kreatif abis

foto: TikTok/@masrakha72

Mesin buatan pria asal Wonogiri ini dirakit dari bahan dasar ekonomis dan mudah ditemukan, lho. Yakni sikat cuci baju yang ditempelkan dengan baut. Kemudian ada ember besar sebagai wadah. Tutup ember dijadikan alas.

Kemudian di bagian bawah dia pasang dinamo mesin cuci yang harganya kurang lebih Rp 200 ribuan untuk dijadikan alat penggeraknya. Rangka bawah bisa menggunakan dan dibikin sesuai selera, yang terpenting dapat dijadikan tempat duduk alat tersebut. Sedangkan akun @masrakha72 memilih menyambungkan dan menyusun kerangka bawah dari kayu.

@masrakha72 Balas @suarasadja suara asli - Pahing

Melalui kolom komentar, pengguna akun tersebut mengaku bahwa mesin pengupas kentang yang dibuat itu merupakan proyek tugas kampus.

"ini juga projek tugas bang technopreneur," ungkap @masrakha72.

Tidak hanya unik, penggunaan mesin ini tentu sangat efektif untuk mengupas kentang dalam jumlah yang banyak. Sehingga bisa lebih hemat waktu dan tenaga tentunya, ya.

Cara mengupas kentang pakai sikat cuci baju ini unik dan kreatif abis

foto: TikTok/@masrakha72

Video yang beredar di TikTok tersebut tentu menarik banyak perhatian dan komentar dari penghuni dunia maya lain. Bahkan ada yang berpendapat bahwa mesin tersebut bisa digunakan untuk mengupas jenis umbi-umbian lainnya. Termasuk mengupas jahe dan kunyit dalam jumlah banyak.

"GX cuma untuk kentang si/umbi"n, kencur jahe kunyit bisa jg klau jumlah bnyk kan mager ngupas pke peso.." tulis akun TikTok/@permatahati2411 dalam kolom komentar.

Hal ini pun ditanggapi oleh sang pemilik video.

"iya bang ini untuk jumlah besar, kalo satu atau dua agak ribet ," ucap pemilik video.

Di sisi lain, video yang telah ditonton lebih dari 10 juta kali ini pun membuat warganet tertarik untuk membuatnya juga. Dan tidak sedikit juga yang salut dengan ide kreatif sang pembuat mesin tersebut.

"spill cara buat bang bisa bantu mak2 ini..," kata akun TikTok/@fie_efie.

"keren inovatif banget," ungkap pengguna TikTok/@abdultoyibsodikin.

"mau ketawa tapi salut ," tulis akun TikTok/@pandini1301.

"rakyat wakanda kreatif," ujar pengguna TikTok/@losiluminadosss.

"bisa buat inspirasi anak KKN divisi TTG ini " kata akun TikTok/@cancer26___.

@masrakha72 Balas @anaklanang_28 suara asli - Pahing

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya