Tak banyak yang tahu, ini cara mengupas jeruk dengan cepat dan rapi

07 / 08 / 2022 15:31 WIB Shahfara Raida
Tak banyak yang tahu, ini cara mengupas jeruk dengan cepat dan rapi
foto: TikTok/@mommamojorisin

Brilio.net - Buat jaga tubuh sehat, penting untuk menjaga pola makan seimbang. Salah satunya dengan rutin makan buah. Buah punya sejumlah vitamin yang bisa bikin tubuh selalu fit biar aktivitas sehari-hari nggak mudah terganggu. Salah satu buah populer di kalangan masyarakat adalah jeruk.

Dilansir dari healthline.com, selain tinggi kandungan vitamin C, rutin makan buah jeruk juga dapat menutrisi tubuh dengan mineral dan antioksidan. Makanya orang yang sering konsumsi buah ini terbukti imun tubuhnya kuat dan nggak mudah sakit.

Selain banyak manfaat, jeruk juga termasuk jenis buah yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Selain itu, mengonsumsi jeruk juga nggak butuh effort lebih. Pasalnya, jeruk termasuk buah yang gampang dikupas. Buah satu ini bahkan bisa dikupas dengan tangan kosong.

Meski begitu, jeruk yang dikupas dengan tangan biasanya membuat kulit jeruk dan serat-seratnya mudah berserakan. Nggak banyak yang tahu, kalau ternyata ada cara lain buat mengupas jeruk selain dengan tangan, lho. Cara ini pun gampang banget dipraktikan dan bikin kupasan jeruk jadi lebih rapi.

Life hack mengupas jeruk ini dibagikan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @mommamojorisin. Lewat akun TikToknya, ibu dua anak ini memang aktif berbagi konten seputar kuliner seperti memasak, alat dapur, serta menu sehat di media sosial.

@mommamojorisin my mind was blown #mommabears #momhack #organicmoms #sahmof4 #fruitforkids #fruithacks #busymomsgetfit Monsters, Inc - Gustav Lundgren & Unit

Lewat video yang ia unggah pada 27 April 2022 lalu, wanita bernama Carsin Dushek Collins ini memperlihatkan cara baru mengupas buah jeruk tanpa harus mengelupaskan kulitnya satu persatu dengan tangan. Sebagai gantinya, ia menggunakan pisau.

Dalam video tersebut, pisang tersebut digunakan untuk membelah jeruk jadi dua bagian. Tapi, jangan ragu dulu, hasilnya bakalan rapi dan lebih mudah untuk dimakan, lho. Cara satu ini cocok banget buat kamu yang nggak suka mengupas jeruk dengan tangan karena aromanya sering menempel.

"Who else really hates peeling oranges? (Siapa yang nggak suka mengupas buah jeruk juga?)," ujarnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@mommamojorisin, Minggu (7/8).

Tak banyak yang tahu, ini cara mengupas jeruk dengan cepat dan rapi

foto: TikTok/@mommamojorisin

Wanita ini menggunakan jeruk tangerine. Namun menurutnya jenis jeruk lainnya juga bisa dikupas dengan cara ini. Pertama-tama ia belah terlebih dahulu buah jeruk secara horizontal atau mendatar tepat di tengahnya, sehingga jeruk akan terbagi jadi dua bagian sama besar.

Pisaunya pun ia taruh kembali karena tak lagi digunakan. Selanjutnya, pegang jeruk menggunakan kedua tangan. Posisikan kedua ibu jari di tengah-tengah kulit jeruk sembari mendorong sampai isi jeruk keluar. Masing-masing jeruk pun terpisah dengan sendirinya dan dapat langsung diambil satu persatu untuk dikonsumsi.

Tak banyak yang tahu, ini cara mengupas jeruk dengan cepat dan rapi

foto: TikTok/@mommamojorisin

Menurutnya, cara ini pun membuat anak-anaknya lebih mudah mengonsumsi karena jeruk sudah otomatis terpotong jadi lebih kecil. Ia pun langsung mengambil seluruh potongan jeruk untuk dikonsumsi. Jauh lebih rapi daripada saat mengupas jeruk dengan tangan kan?

"All you're left with, is two pieces of peel like this (Sisanya tinggal dua belah kulit jeruk seperti ini)," ucapnya.

Tak banyak yang tahu, ini cara mengupas jeruk dengan cepat dan rapi

foto: TikTok/@mommamojorisin

Video berisi life hack mengupas jeruk tersebut pun sudah mendapat ratusan ribu likes. Jika menilik kolom komentar, rupanya banyak yang turut terinspirasi dari cara Carsin Dushek Collins mengupas buah jeruk. Bahkan, nggak sedikit yang langsung mencoba dan merasakan manfaatnya, lho.

"Knowing this saved my life (Mengetahui hal ini menyelamatkan hidupku)," ungkap TikTok/@user8082842246381.

"Omg thanks,(astaga terima kasih)," ujar TikTok/@Ginger Outlaw.

"Whaaatttt I've never seen that done before. genius!!! (apaaa, aku nggak pernah tahu sebelumnya. jenius!!!)," seru TikTok/@Sheila.

"Well I learned something today. I will definitely try this! (baiklah aku belajar hal baru hari ini. Benar-benar akan kucoba!)," tulis TikTok/@Kevin william di kolom komentar.

"My jaw dropped. Thank you for sharing (Aku tercengang. Terima kasih sudah berbagi)," kata TikTok/@user272348.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya