10 Makanan ini bisa jadi penyebab epilepsi kambuh, wajib dihindari

06 / 08 / 2022 19:30 WIB Nadhifah
10 Makanan ini bisa jadi penyebab epilepsi kambuh, wajib dihindari
foto: pexels.com

Brilio.net - Epilepsi adalah suatu gangguan yang terjadi di sistem saraf pusat manusia. Gangguan tersebut menyebabkan penderitanya mengalami kejang secara berulang pada bagian tubuh tertentu. Seseorang biasanya divonis menderita epilepsi jika sudah mengalami kejang lebih dari sekali dengan penyebab tidak jelas.

Epilepsi atau yang lebih dikenal dengan ayan ini tidak bisa sembuh secara total. Sejauh ini, penderita epilepsi hanya dibantu dengan perawatan berupa terapi. Selain itu, mengonsumsi berbagai obat-obatan yang menunjang untuk mengontrol kejangnya juga bisa dilakukan.

Selain harus rutin mengonsumsi obat, penderita epilepsi juga harus menjaga pola makannya. Tak cuma mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan nutrisi, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita epilepsi. Pasalnya, makanan-makanan ini bisa mengurangi risiko kambuhnya kejang.

Makanan yang harus dihindari penderita epilepsi adalah yang mengandung lemak jenuh tinggi. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (6/8), berikut 10 makanan yang harus dihindari oleh penderita epilepsi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya