Cuma dari gula, begini cara bikin dekorasi angka untuk kue tart

05 / 08 / 2022 18:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Cuma dari gula, begini cara bikin dekorasi angka untuk kue tart
foto: TikTok/@ivyfeb

Brilio.net - Kue tart kerap digunakan untuk memeriahkan beragam pesta, baik pesta ulang tahun, pernikahan, hingga anniversary. Hal ini lantaran kue tart biasa jadi simbol ucapan selamat bagi mereka yang sedang berbahagia. Supaya tampak lebih cantik dan menarik, kue tart dihias sedemikian rupa dengan aneka bahan.

Umumnya, kue tart dihias dengan berbagai bahan, seperti cokelat, gula, butter cream, fondant, dan masih banyak lagi. Hiasan tersebut tentu disesuaikan dengan nama, hobi, atau hal lain yang disukai. Nah, salah satu dekorasi kue tart yang paling banyak ditemui adalah berupa angka.

Angka ini umum digunakan untuk menunjukkan bertambahnya umur seseorang atau pasangan yang sedang merayakan anniversary mereka. Dekorasi angka pada kue tart memang mudah didapat di toko-toko kue. Nggak melulu dari plastik dan lilin, hiasan angka ternyata dibuat sendiri dari bahan-bahan yang bisa dimakan.

Sebuah akun TikTok bernama @ivyfeb, berbagi video yang berisi cara membuat hiasan angka untuk kue tart dengan satu bahan makanan. Dilansir BrilioFood pada Jumat (5/7), pengguna TikTok tersebut awalnya hendak menirukan eksperimen membuat bentuk angka untuk dekorasi kue. Cukup dengan satu bahan makanan, yakni gula pasir secukupnya.

Cuma dari gula, begini cara bikin dekorasi angka untuk kue tart

foto: TikTok/@@ivyfeb

Cukup siapkan teflon datar yang bersih dan tidak panas. kemudian tuang satu sendok gula pasir di atasnya. Setelah itu, bentuk gula hingga menyerupai angka lima atau sesuai selera. Supaya lebih rapi, rapikan gula dengan sendok atau tusuk gigi.

Jika bentuk angkanya sudah rapi, baru nyalakan kompor. Tunggu hingga gula pasir meleleh dengan sendirinya. Biarkan gula meleleh sempurna hingga berwarna kecokelatan. Selama proses ini, gula tidak perlu diaduk-aduk lagi. Kamu bahkan bisa meninggalkan untuk melalukan aktivitas lainnya.

@ivyfeb Reply to @bungacy_ Siap yang kaget juga ? Ih bisa #masak #menuviral #jajan #permen #kue #kuliner #kulinerviral #kulinertiktok #kulinerindonesia original sound - ivyfeb

Setelah itu, matikan kompor dan biarkan panas pada gula menguap terlebih dahulu. Jika sudah dingin, barulah angkat gula secara perlahan dari bagian samping. Pemilik akun tersebut pun turut memberikan tips saat hendak mengangkat gula yang sudah meleleh.

"Dan tips dari aku, ini kalian biarin dulu sampai sedikit dingin, baru deh kalian congkel sampingnya. Karena kalau nggak kemungkinan besar bakal gagal, guys," ungkapanya.

Cuma dari gula, begini cara bikin dekorasi angka untuk kue tart

foto: TikTok/@@ivyfeb

Nah, untuk mengambil hiasan dari teflon, disarankan untuk tidak menggunakan benda tajam agar lapisan teflon tidak mudah rusak. Video kitchen hack tersebut pun turut menarik perhatian warganet. Beberapa pengguna TikTok merasa penasaran dan ingin mencoba mempraktikkan cara membuat dekorasi angka dari gula tersebut.

"Kak aku dah coba bisa," kata akun TikTok/@asricanss2.

"Pen nyoba tapi takut ggal," ujar akun TikTok/@kejuuaann.

"Hanya orang yg penuh kesabaran yg akan berhasil," ungkap pengguna TikTok/@soegurl.

Namun ada juga tidak sedikit juga yang memberi saran supaya dekorasi angka yang dibuat lebih mudah dan rapi. Seperti dengan cara menambahkan sedikit minyak atau dilapisi kertas roti, hingga dicetak menggunakan cetakan angka. Hal tersebut bertujuan agar tidak lengket di teflon.

"Dikasih minyak dikit biar g lengket," tulis akun TikTok/@ma_martin_.

"Di kasi kertas roti dulu biar ga lengket," kata pengguna TikTok/@mangga_manis2.

"Dicetak pakek cetakan coba kak," sahut pengguna TikTok/@sawi1210.

@ivyfeb Reply to @azahra.zahraa akhirnya !! Maaf ya lama guys karena nunggu dingin ig/yt : ivyfeb #menuviral #kue #masak #jajan #kuliner #kulinerid original sound - ivyfeb

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya