Cara masak nasi biar warnanya kinclong dan nggak mudah bau, antigagal

13 / 08 / 2022 11:30 WIB Shahfara Raida
Cara masak nasi biar warnanya kinclong dan nggak mudah bau, antigagal
foto: TikTok/@felya_ng

Brilio.net - Nasi sudah sejak lama dikenal sebagai bahan makanan pokok, terutama di Indonesia. Punya kandungan karbohidrat yang tinggi, nasi punya sejumlah manfaat untuk tubuh. Dilansir dari bbcgoodfood.com, nasi bisa meningkatkan pasokan energi untuk aktivitas lancar setiap hari.

Jadi makanan pokok, hampir semua orang di Indonesia selalu menyimpan stok beras di rumah untuk disantap setiap hari. Cara masak masing-masing orang pun umumnya hampir sama, yakni dengan rice cooker. Nah, alat satu ini selain bisa dipakai masak, bisa pula membantu menjaga nasi tetap hangat.

Namun, saat nasi disimpan di rice cooker, terkadang bisa berisiko jadi bau, bukan? Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, seperti jenis beras yang digunakan, mencuci beras kurang bersih, dan lain sebagainya. Nasi yang sudah bau memang tak lagi nikmat saat dikonsumsi.

Bahkan, nasi yang berbau juga bisa jadi pertanda kalau nasi sudah basi, lho. Tidak perlu khawatir, rupanya ada cara gampang untuk mencegah nasi jadi bau usai dimasak. Selain itu, hasil nasinya juga bersih dan kinclong, lho.

Cara ini diunggah dalam bentuk video oleh salah seorang warga TikTok bernama Neng Lia yang merupakan konten kreator seputar kuliner. Menurutnya, cara masak nasi yang tepat bisa bikin nasi jadi lebih kinclong, tidak mudah bau, dan bisa lebih tahan lama.

@felya_ng Thankyou mpok @tentangperut tipsnya (IG:@felya.ng) Mini Rice cooker by @mitoelectronic #tipsmakanan101 #fyp #foryou Sahur Tiba - Tasya

"Nasinya ini jadi kinclong, nggak bau, dan kayaknya lebih tahan lama, deh," ucapnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@felya_ng, Sabtu (13/8).

Pemilik akun @felya_ng ini mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Berasnya dicuci kurang lebih sampai dua atau tiga kali bilas. Pastikan berasnya sudah bersih dengan melihat warna air cucian terakhir setengah bening. Usai berasnya ditiriskan, Neng Lia pun menaruh panci berisi beras ke dalam rice cooker.

Cara masak nasi biar warnanya kinclong dan nggak mudah bau, antigagal

foto: TikTok/@felya_ng

Dilanjutkan mengisi air seperti memasak nasi pada umumnya. Neng Lia mengukur ketinggian airnya dengan jari untuk memastikan takarannya pas. Air yang digunakan pun sebaiknya dalam keadaan sudah matang agar hasilnya bersih dan tidak mudah bau. Belum cukup sampai di situ, Neng Lia memasukkan air perasan jeruk nipis.

"Ini kuncinya, pakai perasan jeruk nipis sedikit aja," jelasnya.

Cara masak nasi biar warnanya kinclong dan nggak mudah bau, antigagal

foto: TikTok/@felya_ng

Nah, air perasan jeruk nipis yang dipakai pun tak perlu terlalu banyak, cukup sedikit saja biar rasa nasinya nggak jadi asam usai dimasak. Neng Lia menggunakan sekitar setengah buah jeruk nipis untuk memasak nasi. Setelah itu, ia lanjut memasak nasinya seperti biasa sampai matang.

"Ngga (asam) kok kan dikit doang," jelas Neng Lia menjawab pertanyaan warganet.

Cara masak nasi biar warnanya kinclong dan nggak mudah bau, antigagal

foto: TikTok/@felya_ng

Cara masak nasi ini bisa dipraktikan oleh ibu-ibu di rumah maupun anak kos yang sering mengalami nasi mudah bau saat disimpan di rice cooker. Video yang diunggah pada 15 April 2021 silam ini mendapat banyak likes dan komentar dari warganet, lho. Rupanya, banyak yang juga pakai jeruk nipis untuk masak nasi biar lebih awet.

"Tips itu udh aku lakukan cukup lama. dan nasi gk mudah bau," ungkap TikTok/@Ciende Laras.

"Mama aku juga kaya gitu masaknya . beneran gak bau," komentar TikTok/@Aulia.

"Ibukku selalu gini nih masaknya pake perasan jeruk nipis atau gak daun pandan," kata TikTok/@Buncis.

"Aku selalu gini klo masak nasi," tulis TikTok/@bocil & cimol.

"Kaya emak emak pake merkurii tuh nasi GLOWINKKKKK," ujar TikTok/@Dilaaaaaaaaaaa.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya