Trik simpel atasi air rebusan yang meluap, cuma pakai 1 bahan

12 / 08 / 2022 11:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Trik simpel atasi air rebusan yang meluap, cuma pakai 1 bahan
foto: TikTok/@erlin_sppk

Brilio.net - Merebus jadi salah satu teknik memasak yang paling umum dilakukan banyak orang. Memasak dengan metode ini bisa jadi cara paling cepat dan mudah dilakukan untuk mematangkan makanan. Berbagai jenis bahan makanan, seperti daging, sayur, hingga mi biasanya dimasak dengan cara direbus.

Pada dasarnya, merebus cukup membutuhkan air sebagai penghantar panas untuk mematangkan masakan. Walau tampak cukup mudah, kamu perlu memerhatikan beberapa hal, seperti jumlah air yang digunakan, besar api, dan waktu merebus agar makanan tetap lezat dan nutrisinya terjaga.

Penggunaan air yang terlalu banyak bisa membuat proses merebus lebih banyak makan waktu. Selain jumlah air, api yang terlalu besar juga bikin air rebusan bisa meluap. Biasanya kendala seperti ini sering sekali terjadi ketika sedang merebus telur tanpa cangkang, daging, atau mi instan.

Tidak sedikit yang justru panik menghadapi kondisi seperti itu. Sebagian besar orang mungkin akan langsung mengecilkan api atau bahkan mematikan kompor supaya air tidak meluap. Kemudian menyalakannya kembali jika suhu pada air mulai turun.

Tapi ternyata, ada cara lain yang bisa dipraktikan untuk mengatasi air rebusan yang hendak meluap, lho. Cara ini dibagikan oleh seorang pengguna TikTok/@erlin_sppk. Lewat salah satu video unggahannya, akun tersebut memberitahu trik mengatasi air rebusan yang meluap dan hampir membasahi area kompor.

Dilansir BrilioFood pada Jumat (12/8), akun tersebut tampak memperlihatkan air rebusan yang sudah mendidih dan berbuih saat memasak mi instan. Jika dibiarkan terus menerus, air akan meluap dan tumpah. Hal ini memang umum terjadi ketika suhu pada air sudah sangat tinggi karena penggunaan air yang terlalu banyak.

Trik simpel atasi air rebusan yang meluap, cuma pakai 1 bahan

foto: TikTok/@erlin_sppk

Bukan mengecilkan api, ia menyiasatinya dengan sebongkah es batu berukuran kecil. Es batu tersebut langsung dimasukkan ke dalam air yang tengah mendidih. Tanpa perlu menunggu waktu lama, buih pada air tersebut langsung hilang dan mencegah air meluap ke luar panci.

Es batu memiliki suhu yang cukup dingin. Suhu dingin pada es batu ini lah yang kemudian berfungsi untuk menurunkan suhu air yang sudah terlalu panas. Oleh karena itu, es batu ampuh untuk mengatasi air rebusan yang hendak meluap.

Trik simpel atasi air rebusan yang meluap, cuma pakai 1 bahan

foto: TikTok/@erlin_sppk

Selain menggunakan es batu, beberapa warganet juga membeberkan cara lain untuk mengatasi air rebusan yang hendak meluap, yakni dengan meletakkan sumpit atau spatula dari kayu di atas panci. Hal ini pun turut diungkapkan melalui kolom komentar pada video tersebut.

"Atasnya di kasih sumpit juga bs kok," papar akun TikTok/@anieformosa1.

"Bener, aku dirumah pake sutil kayu juga bisa," sahut pengguna TikTok/@rann.8852.

Meletakkan sumpit dan spatula kayu memang kerap dipraktikan untuk mengatasi air rebusan yang berbuih dan hendak meluap. Hal ini lantaran alat spatula kayu dapat membuat gelembung pada buih air cenderung tidak stabil saat bersentuhan dengan pemukannya.

Lantas gelembung tersebut akan mengembun atau berubah menjadi cair ketika menyentuh sumpit atau spatula kayu. Sehingga hal ini dapat mencegah air rebusan meluap dari panci.

Trik simpel atasi air rebusan yang meluap, cuma pakai 1 bahan

foto: TikTok/@erlin_sppk

Ditonton lebih dari 300 ribu kali, video ini pun turut mendapat tanggapan positif dari warganet lain. Selain mendapat belasan ribu likes, video tersebut juga menuai banyak komentar warganet. Beberapa bahkan merasa mendapat pengetahuan baru tentang memasak yang mudah diterapkan.

@erlin_sppk #cookpad #tipsmasak #masakdirumah #fyp Joko Tingkir Remix - musikdangdut_

"Trmksh tipsnya..ini sgt bermanfaat buat saya yg sering rebus daging smpe tumpeh2," ungkap akun TikTok/@kangeddyy.

"Mantab tuh Bun... terimakasih ilmunya," kata akun TikTok/@company718.

"Bneran baru tau liat d tik tok.. thanks tips ny.. bermanfaat bangt.." ujar akun TikTok/@user4701567595399

"Oke terimakasih kak seneng bngt liat ini kebetulan aku krj di warung," tulis akun TikTok/@anyzhaalfauziah dalam kolom komentar.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya