Trik sederhana merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal

Trik sederhana merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal
foto: TikTok/@newmerapiresto

Brilio.net - Bihun bisa dijadikan berbagai macam olahan yang nikmat. Bihun juga bisa dijadikan pengganti nasi, karena mengandung karbohidrat dan bisa membuat rasa kenyang yang lama. Hal itu bukan tanpa sebab, karena bihun terbuat dari tepung beras. Nggak salah, kalau banyak yang mengonsumsi bihun sebagai menu diet.

Dilansir dari healthline.com, bihun tak cuma mengandung karbohidrat saja, namun juga ada protein, selenium, dan vitamin A. Bihun juga mengandung lemak yang jauh lebih rendah dibanding mi jenis lainnya. Tak hanya jadi menu diet, bihun juga banyak dipilih sebagai bahan utama untuk menu masakan sehari-hari.

Bihun seringkali dianggap sama dengan soun. Padahal jika dibanding soun, bihun memiliki bentuk yang lebih panjang dan lebar. Meskipun secara kasat mata, kedua bahan makanan ini hampir sama, namun bihun memiliki tekstur yang lebih keras dan kenyal dibanding soun. Jika diperhatikan lebih detail juga warna yang dimiliki bihun lebih kusam dibanding warna soun.

Saat mengolah bihun menjadi suatu masakan, kamu tak perlu memerlukan keahlian khusus. Karena mengolahnya pun bisa dibilang mudah dan antiribet. Sebelum mengolahnya menjadi berbagai menu hidangan, kamu harus merebus bihun terlebih dahulu. Karena biasanya, bihun yang dijual di pasaran berbentuk kering dan belum bisa diolah menjadi masakan.

Meski nggak butuh waktu lama buat merebus, tapi masih banyak yang belum tahu cara merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal. Biasanya bihun yang sudah direbus akan menggumpal atau bertekstur lembek jika terlalu lama direbus. Bihun yang menggumpal tersebut tentu akan mengubah rasa dan tekstur ketika diolah kembali menjadi menu masakan. Ada cara jitu merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal, lho.

Trik sederhana merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal

foto: TikTok/@newmerapiresto

Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@newmerapiresto, cara merebus bihun sebenarnya simpel, seperti merebus mi pada umumnya. Langkah pertama, rebus air hingga benar-benar mendidih, kemudian tambahkan minyak goreng secukupnya. Hal tersebut bertujuan agar bihun tidak saling menempel dan menggumpal nantinya saat setelah direbus.

Trik sederhana merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal

foto: TikTok/@newmerapiresto

Jika dirasa minyak sudah tercampur, lalu masukkan bihun ke dalam air yang mendidih. Selama proses memasak, pastikan kamu selalu mengaduknya. Tak perlu memasaknya sampai matang, karena nantinya malah membuat tekstur bihun lembek saat diolah kembali. Cukup rebus bihun sampai setengah matang saja.

Trik sederhana merebus bihun agar tidak lembek dan menggumpal

foto: TikTok/@newmerapiresto

Jika dirasa sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, angkat bihun menggunakan saringan, tiriskan dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup. Tunggu beberapa saat, hingga bihun dingin. Jika sudah, bihun rebus yang bertekstur kenyal dan tidak menggumpal ini bisa diolah menjadi berbagai menu hidangan.

Video yang diunggah pada 29 Maret lalu ini telah ditonton ribuan kali dan menuai atensi para pengguna TikTok. Tak sedikit yang mengaku merasa terbantu dengan trik yang dibagikan akun @newmerapiresto. Ada juga yang menyarankan cara lain saat memasak bihun, yakni dengan merendam di air hangat.

@newmerapiresto Cara merebus bihun yang baik sebelum diolah lagi #newmerapiresto #tipsdapur #rahasiadapur #bihun #tipsbuatkamu #rebus #foryoupage #fyp original sound - newmerapiresto - Follow IG: @newmerapiresto

"Makasih infonya kak," tulis akun TikTok/@0406.

"Oo...harus ditutup ya....," ujar akun TikTok/@user750414521372.

"Klo aq bikin kurendem dulu am aer anget kuku..," tulis akun TikTok/@.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya