Cara ampuh mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya, antiribet

Cara ampuh mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya, antiribet
foto: TikTok/@yuan572

Brilio.net - Tak hanya buah dan daunnya saja, namun bunga pepaya juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Tak hanya lezat, namun bunga pepaya juga kaya akan manfaat. Dilansir dari healthline.com, bunga pepaya mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin B1, dan nutrisi lainnya.

Kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan, menghilangkan radikal bebas, dapat membantu program diet, hingga mengurangi risiko kanker dalam tubuh. Dengan segudang manfaatnya, tak salah kalau bunga pepaya banyak diandalkan jadi menu sehari-hari. Tak cuma ditumis saja, namun bunga pepaya juga bisa diolah menjadi masakan berkuah yang tak kalah nikmat.

Meski memiliki segudang manfaat, namun banyak yang masih enggan mengolah bunga pepaya. Pasalnya, bahan makanan satu ini punya cita rasa pahit yang cukup kuat. Biasanya, sebelum diolah, bunga pepaya dianjurkan untuk direbus dahulu. Selain untuk mengurangi rasa pahitnya, merebus bunga pepaya juga membuat teksturnya jadi lebih empuk.

Nggak asal direbus, kamu perlu mengetahui beberapa trik merebus bunga pepaya agar rasa pahitnya bisa berkurang atau bahkan hilang. Pasalnya, jika salah langkah dalam merebus bunga pepaya, rasa pahitnya bisa tetap tertinggal meski sudah cukup lama direbus. Nah, ada cara jitu memasak bunga pepaya agar tidak lagi terasa pahit saat diolah menjadi masakan.

Cara ampuh mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya, antiribet

foto: TikTok/@yuan572

Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@yuan572 pada Senin (22/8), cara sebenarnya simpel dan mudah banget ditiru di rumah. Langkah pertama adalah cuci bersih bunga pepaya di bawah air mengalir hingga bersih. Pastikan semua kotoran dan getah yang menempel ikut larut saat bunga pepaya dibersihkan.

Cara ampuh mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya, antiribet

foto: TikTok/@yuan572

Saat mencuci bunga pepaya, panaskan juga air dalam panci. Saat air sudah benar-benar mendidih, baru masukkan bunga pepaya yang sudah dicuci. Sambil diaduk-aduk, tambahkan satu sendok garam ke dalam air rebusan. Aduk-aduk agar garam larut dan tercampur rata.

Cara ampuh mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya, antiribet

foto: TikTok/@yuan572

Selama direbus, pastikan kamu selalu mengaduk bunga pepaya. Jika dirasa sudah cukup empuk dan matang, kamu bisa mengangkatnya dengan saringan. Jika sudah diangkat, tiriskan dan cuci di bawah air yang mengalir. Jika sudah, bunga pepaya bisa diolah menjadi berbagai menu hidangan favorit.

Selain menggunakan garam, kamu juga bisa merebus bunga pepaya dengan asam Jawa secukupnya untuk mengurangi rasa pahitnya. Video yang diunggah oleh akun TikTok/@yuan572 tersebut menarik perhatian warga TikTok hingga telah ditonton sebanyak 29 ribu kali. Tak sedikit penghuni TikTok yang merasa senang bisa mengetahui trik tersebut.

@yuan572 selamat mencoba #fypviral Music Beken - BEKEN

"Sangat bermanfaat mbksay," tulis akun TikTok/@BundaSumarmi.

"Santun siang bunda daun paya suka tapi bunga nya blm pernah mkn dan masak ngak tahu caranya makasih bunda tipsnya," ujar akun TikTok/@Muryono tiktok.com/@user374288.

"Mksh kak," tulis akun TikTok/@laurena/owner pelangialuminium.

Tak cuma komen positif saja yang ditulis oleh para netizen, tapi ada juga yang memberi trik lain untuk mengurangi rasa pahit saat memasak bunga pepaya. Ternyata, selain garam dan asam Jawa, masih ada bahan lain yang juga tak kalah ampuh mengurangi atau menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Kamu sudah coba yang mana?

"Klo aku seringnya pkk daun jambu biji mengurang rasa pait," ujar akun TikTok/@Khanza14.

"Di rebus pkai daun sengganen/daun keduduk gk pait," tulis akun TikTok/@92misty.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya