Begini cara praktis membuat bubuk koya, sederhana hanya pakai 2 bahan

16 / 08 / 2022 22:03 WIB Shahfara Raida
Begini cara praktis membuat bubuk koya, sederhana hanya pakai 2 bahan
foto: TikTok/@uniwindacha

Brilio.net - Indonesia kaya akan hidangan tradisionalnya. Bukan hanya beragam, tapi rasa makanan tradisional khas Nusantara memang dikenal lezat. Penggemar makanan Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan rendang, sate, rawon, gudeg, soto, dan masih banyak lagi.

Soto sendiri misalnya, hidangan ini pun di Indonesia dimasak dengan bumbu dan cara yang berbeda-beda, lho. Namun, semua soto yang ada di Indonesia dijamin lezat dan gurih. Cocok banget jadi menu makan siang yang bikin tubuh segar dan hangat.

Salah satu soto paling terkenal berasal dari Jawa Timur, yakni soto koya atau dikenal pula dengan sebutan soto Lamongan. Yang bikin soto ini berbeda yaitu taburan bubuk koya di atasnya. Rasa soto yang gurih dan segar semakin nikmat dan kental lantaran taburan bubuk koya tersebut.

Nah, tahu nggak sih bubuk koya ini dibuat dari apa saja? Rupanya, bahan-bahannya sangat sederhana dan mudah didapat, lho. Bubuk koya pun nggak melulu bisa disantap bareng soto, tapi juga bisa kamu santap bareng mi instan rasa soto maupun hidangan berkuah lainnya.

Di TikTok, ada salah seorang konten kreator yang membagikan cara membuat bubuk koya ini, lho. Lewat TikTok/@uniwindacha, ia rupanya memang gemar membagikan konten seputar memasak, terutama menu rumahan yang sederhana. Bubuk koya buatannya ini pun nggak kalah sederhana, lho. Tetapi, tetap gurih dan nikmat.

"Bikin bubuk koya cuma butuh 2bahan," ujarnya dilansir BrilioFood pada Selasa (16/8).

Sebelum membuat bubuk koya, ia persiapkan bahannya terlebih dahulu. Ternyata bahan utama yang dibutuhkan hanya bawang putih dan kerupuk udang. Namun bawang putihnya ia goreng sampai renyah kecokelatan terlebih dahulu sebelum diproses jadi bubuk koya.

Begini cara praktis membuat bubuk koya, sederhana hanya pakai 2 bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Usai bawang putihnya diulek sampai agak halus, ia langsung memasukkan beberapa buah kerupuk udang. Lanjut dihaluskan sampai semua benar-benar halus menjadi butiran koya. Bisa lanjut mengoreksi rasa apakah sudah cukup gurih maupun belum.

Begini cara praktis membuat bubuk koya, sederhana hanya pakai 2 bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Menurut Uni Windacha, bubuk koya buatannya ini memang sudah cukup gurih. Tapi, biar rasanya semakin nikmat, ia pun menaburi sejumput garam lagi karena lebih menyukai rasa yang cenderung asin. Kemudian, aduk rata bubuk koyanya tersebut sebelum disimpan di dalam wadah tertutup.

Begini cara praktis membuat bubuk koya, sederhana hanya pakai 2 bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Buat yang malas ngulek, bubuk koya ini pun bisa jauh lebih praktis lagi jika dihaluskan pakai blender maupun chopper, lho. Video yang sudah mendapat lebih dari 100 ribu likes ini pun menuai aneka komentar informatif. Selain itu, ada pula yang baru tahu cara membuat bubuk koya rupanya sesederhana hanya pakai kerupuk.

"Gua yg orang asli LAMONGAN tiap hari buat kek gini soalnya jual soto lamongan," tulis akun TikTok/@Abby.

"Lebih enak di blender lebihh gmpang dan kcmpur sm bwng ny," kata TikTok/@biLqis Nazwa.

"Baru tau kalo koya itu dari kerupuk," ungkap TikTok/@Farah Ardiya.

"Disini klo buat koya dari kelapa di sangrai trus di tumbuk sampek halus klo bumbunya sama, baunya harum bnget,,.," ujar TikTok/@Izza Bintang Kecil.

"Koya yg biasa untuk soto ayam Lamongan tuh.. betul banget aku pernah dikasih tau tukang jualan soto cara bikin koya seperti itu..," komentar TikTok/@Vie Queen.


@uniwindacha Balas @puntentehkang bikin sendiri gampang kak #uniwindacha #bubukkoya #koyabubuk #reseptiktok original sound - masakan.simple - Masakan Simple

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya