Cara mudah pisahkan lemak dari daging ayam tanpa menggunakan pisau

Cara mudah pisahkan lemak dari daging ayam tanpa menggunakan pisau
foto: TikTok/@pilars.place

Brilio.net - Usai membeli ayam dari pasaran, penting untuk mencuci daging ayam dengan tepat. Biasanya, daging ayam masih mengandung lemak-lemak yang menempel pada kulit maupun dagingnya, bukan? Nah, lemak ini tak hanya bikin ayam kurang nikmat, tetapi juga kurang baik untuk kesehatan, terutama saat dimasak dengan cara digoreng.

Dilansir dari livestrong.com, sepotong dada ayam setidaknya punya 2,3 gram lemak jenuh. Jika dikonsumsi berlebih, bisa berisiko meningkatkan risiko kolesterol dan obesitas. Makanya, tidak ada ruginya menghilangkan lemaknya sebelum mengolah ayam jadi masakan.

Jika dicuci dan dibersihkan biasa dengan air mengalir saja, lemak ayam memang sangat sulit terlepas dari dagingnya. Sehingga, dibutuhkan beberapa bahan yang bisa membantu membersihkannya. Bisa dengan jeruk nipis, garam, dan cuka, lho.

Kamu bisa meniru cara yang diperlihatkan pemilik akun TikTok @pilars.place. Dilansir BrilioFood pada Kamis (21/7), pemilik akun tersebut pertama-tama menyiapkan ayam di dalam mangkuk dan direndam dengan air sampai penuh. Kamu bisa membiarkan maupun memisahkan kulit ayam sesuai selera.

Cara mudah pisahkan lemak dari daging ayam tanpa menggunakan pisau

foto: TikTok/@pilars.place

Tiriskan airnya, kemudian beri perasan jeruk nipis dan garam. Jangan lupa baluri keseluruhan daging ayam pakai kedua bahan tersebut sampai rata. Setelah daging ayam rata dibaluri dengan garam dan jeruk nipis, kemudian dilanjutkan menuangkan sedikit cuka masak sebentar.

Cara mudah pisahkan lemak dari daging ayam tanpa menggunakan pisau

foto: TikTok/@pilars.place

Beri air yang banyak agar keseluruhan ayam terendam sempurna. Diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu, lemak-lemak dari daging ayam akan terangkat di permukaan air dengan sendirinya. Setelah itu, buang airnya dan pisahkan sisa jeruk nipis.

Cara mudah pisahkan lemak dari daging ayam tanpa menggunakan pisau

foto: TikTok/@pilars.place

Langkah terakhir, bilas kembali daging ayam beberapa kali sampai airnya terlihat bening. Langsung tiriskan ayam. Kamu juga bisa menyayat sedikit daging ayam agar saat marinasi bumbunya bisa meresap sampai dalam. Kemudian, ayam siap dimasak maupun disimpan di kulkas.

Cara mudah pisahkan lemak dari daging ayam tanpa menggunakan pisau

foto: TikTok/@pilars.place

Di video cara membersihkan lemak ayam yang sudah mendapat lebih dari dua juta likes ini pun menuai banyak komentar menarik, lho. Rupanya ada yang memang tak pernah membersihkan ayam sebelum dimasak. Di samping itu, ada pula yang merasa terbantu dengan cara yang dipaparkan di video ini.

"I live in Europe and never in my life have I seen someone cleaning chicken (Aku tinggal di Eropa dan seumur hidup belum pernah melihat orang mencuci ayam)," ungkap TikTok/@Marta Vieira dilansir BrilioFood pada Kamis (21/7).

"Caribbean thing that's how we do it (Biasa dilakukan oleh orang Karibia)," ujar TikTok/@rastaman.

"Thank you so much because my mom never taught how to clean chicken and Ik how much bacteria there is and I feel like rinsing isn’t enough (Terima kasih banyak, ibuku belum pernah mengajari cara membersihkan ayam, pasti ayam punya banyak bakteri dan kurasa membilasnya saja tidak cukup)," ungkap TikTok/@Abigail Williams16.

"I stick to vinegar and salt. Sometimes just salt, or just vinegar. I never skip rinsing a hundred times lol (Aku selalu pakai cuka dan garam. Terkadang cuma garam, atau cuma cuka. Aku nggak pernah melewatkan mencuci ayam berkali-kali)," tulis TikTok/@Ray di kolom komentar.

"I agree with you 1000 percent. Idk how anybody can eat an uncleaned chicken (Aku setuju 1000 persen. Entah kenapa orang-orang bisa makan ayam yang tidak dicuci)," komentar pemilik akun TikTok/@Teach Tech Glam Cook w/ Isabel.

@pilars.place Clean your chicken y’all #caribbean #howto #cleantok #cleaning #kitchen # # # # # # # # #caribbeantiktok #nyc #htx #asmr #plussize Medicina de Amor - Raulín Rodríguez

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya