Cara simpan kelapa parut tanpa kulkas, tak berubah rasa hingga 12 jam

Cara simpan kelapa parut tanpa kulkas, tak berubah rasa hingga 12 jam
YouTube/Bunda Kabari

Brilio.net - Kelapa parut bisa diolah langsung menjadi hidangan lezat, bisa pula diambil sari atau santannya untuk campuran masakan. Banyak sekali olahan makanan khas Nusantara yang dibuat pakai kelapa parut, contohnya ada klepon, kue putu, dadar gulung, urap, serundeng, dan masih banyak lainnya.

Meski olahan kelapa parut kemasan sudah banyak dijual di pasaran, tapi tak sedikit orang lebih memilih versi aslinya, lho. Selain karena rasa dan aromanya lebih nikmat, kelapa parut murni, tanpa proses pengolahan juga jauh lebih sehat.

Dilansir dari healthyeating.sfgate.com, kelapa parut sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Namun, kelapa parut yang murni ini memang cenderung mudah basi jika tidak disimpan dengan tepat. Jika ingin disimpan dalam waktu lama, penting untuk meletakkannya di dalam wadah tertutup sebelum ditaruh di kulkas.

Tetapi, tak banyak yang tahu kalau kelapa parut bisa bertahan cukup lama, sekitar 12 jam meski tak dimasukkan kulkas, lho. Padahal, umumnya kelapa parut yang didiamkan beberapa jam saja di suhu ruang, rasa dan warnanya mudah berubah, kan?

Salah seorang pengguna YouTube, lewat akunnya yang bernama Bunda Kabari punya triknya, nih. Wanita ini membagikan cara menyimpan kelapa paruttanpa kulkas, namun bisa awet dan tak basi hingga 12 jam.

"Tahan dari pagi hingga sore walaupun tanpa menggunakan kulkas dan kelapa parut ini tetap segar, tidak asam. Biasanya jika kita membeli di pasar sekitar jam 7, kemudian ketika jam 9 atau 10 maka kelapa parut ini sudah akan asam. Nah, tapi dengan cara ini kelapa parut ini tahan hingga sore hari sekitar 12 jam tetap fresh dan tidak akan asam," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Bunda Kabari pada Senin (10/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya