Cara simpel mengolah adonan cendol, cepat dan tetap rapi tanpa cetakan khusus

Cara simpel mengolah adonan cendol, cepat dan tetap rapi tanpa cetakan khusus
Siapkan bahan-bahannya |

Tapi, rupanya ada cara lain yang jauh lebih simpel hanya dengan memanfaatkan perabot dapur yang ada di rumah, lho. Nah, trik seputar adonan cendol ini sempat dibagikan oleh warganet yang akrab disapa Mama Ci. Menurutnya, trik mengolah adonan cendol yang ia bagikan ini mudah banget untuk dipraktikkan di rumah.

"Hasilnya memang nggak secantik menggunakan alat, tapi ini recommended (disarankan) banget," ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube Mama Ci Memasak, Jumat (24/2).

Pertama, campurkan dulu 90 gram tepung beras, 70 gram tepung tapioka, dan 1 sdt garam di atas wajan antilengket. Semua bahan ini bisa diaduk terlebih dahulu. Pastikan untuk tidak menyalakan api karena bahan-bahan harus dicampurkan dulu sebelum dipanaskan. Selanjutnya, tuangkan 250 ml jus pandan. Aduk sampai merata. Kalau sudah rata, tambahkan 500 ml air dan diaduk kembali.

Cara simpel mengolah adonan cendol, cepat dan tetap rapi tanpa cetakan khusus

foto: YouTube/Mama Ci Memasak

Jika semua bahan sudah diaduk dan dipastikan tidak ada tepung yang menggumpal, baru bisa dimasak di atas api sedang sambil terus diaduk. Nantinya, adonan akan semakin mengental dan menggumpal. Pastikan adonan terus diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong. Masak hingga adonan matang dan meletup-letup, lalu api kompor bisa dimatikan.

Cara simpel mengolah adonan cendol, cepat dan tetap rapi tanpa cetakan khusus

foto: YouTube/Mama Ci Memasak

Setelahnya, siapkan mangkuk berisi air matang dan beberapa potong es batu. Siapkan juga alat saringan atau serokan yang lubangnya berbentuk bulat-bulat untuk mencetak adonan cendol. Cara mencetaknya, tinggal ambil satu sendok adonan, letakkan di atas saringan, lalu tekan-tekan adonan pakai sendok sampai keluar dari saringan ke air es.

"Kalau pakai plastik segitiga itu adonannya panas ya, harus segera disemprotkan dan itu juga satu-satu, jadi lebih lama, menurut aku pake ini (saringan) lebih recommended ya. Tips supaya nggak capek megangin serokannya, gunakan baskom yang di bawahnya itu yang lebih kecil dari serokannya, jadi serokannya cukup ditaruh di atas baskomnya dan kita tinggal tekan-tekan bagian atasnya aja, itu nggak capek sama sekali ya. Ini aku karena supaya kelihatan aja hasil di bawahnya," jelas Mama Ci.

Cara simpel mengolah adonan cendol, cepat dan tetap rapi tanpa cetakan khusus

foto: YouTube/Mama Ci Memasak

Wah, simpel banget ternyata mengolah adonan cendol sampai ke proses mencetaknya, ya? Kalau sudah jadi, adonan cendol tersebut bisa langsung disajikan bersama kuah santan, gula merah atau aren, serta bahan-bahan es cendol dawet lainnya. Kalau kamu gimana, tertarik mencoba trik yang dibagikan oleh Mama Ci nggak, nih?

Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube Mama Ci Memasak, tak sedikit warganet yang antusias ingin mencoba bikin cendol seperti ini juga, lho.

"Mudah sekali buat cendol kalau lihat bunda yg masak...terima kasih resepnya semangat selalu," puji YouTube dapur ummi idris.

"Cendol dawet buatan bunda sangat enak. Alatnya ada di dapur. Bahan nya mudah didapatkan Cara membuatnya sangat jelas sekali bu," ujar YouTube Yan sofyanti official.

"Alhamdulillah, dapat resep dengan bahan2 alami. Terimakasih sudah berbagi," kata YouTube Triska Wanti.

"Wah bikin sendiri lebih sehat dan lebih hemat yah bunda ," imbuh YouTube Ovie Malla.

"Selalu kreatif kakak yang satu ini ," cetus YouTube Resep Mak Icha.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya