Cepat matang meski tak direndam dulu, ini trik rebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 12 menit

Cepat matang meski tak direndam dulu, ini trik rebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 12 menit
Yang pertama harus dilakukan adalah cuci kacang hijau dengan air mengalir hingga bersih, lalu tiriskan. |

Yang pertama harus dilakukan adalah cuci kacang hijau dengan air mengalir hingga bersih, lalu tiriskan. Setelah itu, panaskan air di dalam panci hingga mendidih menggunakan api kompor sedang. Saat sudah mendidih, baru masukkan kacang hijaunya. Tutup panci dan rebus kacang hijau selama 5 menit.

Cepat matang meski tak direndam dulu, ini trik rebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 12 menit

foto: TikTok/@faizaulya01

Setelah 5 menit, matikan api kompor dan aduk sebentar kacang hijaunya. Tutup kembali pancinya dan biarkan kacang hijau terendam selama 30 menit. Jangan buka tutup panci supaya suhu panas yang masih tersisa di dalam panci bisa mengempukkan kacang hijau dengan maksimal.

"Setelah 30 menit, buka tutup, aduk-aduk," imbuh warganet akrab disapa Faiza ini.

Selanjutnya, masak kembali kacang hijaunya selama 7 menit. Seperti sebelumnya, proses perebusan kedua ini juga menggunakan api kompor sedang. Usai direbus selama 7 menit, kacang hijau yang sudah empuk siap diolah jadi hidangan apapun sesuai selera.

Cepat matang meski tak direndam dulu, ini trik rebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 12 menit

foto: TikTok/@faizaulya01

Wah, praktis banget ya trik rebus kacang hijau agar cepat empuk ini? Mengintip unggahan TikTok @faizaulya01, selain sudah ditonton 200 ribu kali, kolom komentarnya juga dipenuhi antusias warganet lain, lho.

"Aku bikin gagal apa karena di rendam dulu ya. Aga lama sih ka aku Gatau brpa jam. Eh malah kaya kacambah padahal udh ngiler banget bubur kacang wkwk," tutur TikTok @Ray dan mendapat respons dari pemilik video, "nggak usah direndam kak, dicuci biasa aja."

"dengan yg metode rendam dulu ± 12 jam, bagusan mana ya ," tanya TikTok @donydanovan yang dibalas, "kalau menurutku bagusan ini kak, akua pernah pake yang direndam dulu, malah kayak mau jadi kecambah."

"kalo bikin untuk jualan gimana? apakah sama cara nya seperti itu ?" tulis TikTok @dhants97, kemudian dijawab, "sama kak, ini untuk melembutkan kacangnya aja. kalau mau dibuat bubur kacang ijo, tinggal ditambahkan bahan2nya setelah kacang ijonya empuk."

@faizaulya01 Assalamu'alaikum teman - teman on lline Kali ini saya akan berbagi tips memasak kacang ijo dengan cepat,hemat gas hemat tenaga Langkah - langkah Masak kacang hijau selama 5 menit di air mendidih 30 menit didiamkan dalam posisi kompor mati dan panci tertutup 7 menit di masak lagi Insya Alloh hasil kacang hijau empuk dan lembut Selamat mencoba teman - teman #kacanghijau #kolakkacanghijau #masakhemat Yang Bening Ada Harganya Bos - Boris Sitepu

Cara menyimpan kacang hijau agar tak bau tengik.

Kacang hijau yang disimpan di dapur bisa saja berubah jadi bau tengik meskipun hanya disimpan beberapa hari saja. Nah, cara di bawah ini bisa kamu coba biar stok kacang hijau tetap awet dan bebas bau.

1. Pilih kacang hijau yang segar.

Pilih kacang hijau yang masih segar dengan warna yang cerah dan tidak ada tanda-tanda kebusukan.

2. Pembersihan yang baik.

Sebelum menyimpan, pastikan kamu mencuci kacang hijau dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin menempel.

3. Keringkan dengan baik.

Pastikan kacang hijau benar-benar kering sebelum kamu menyimpannya. Kadar kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan kacang hijau cepat berjamur dan berbau.

4. Simpan di wadah yang rapat.

Tempatkan kacang hijau dalam wadah kedap udara atau kantong plastik yang rapat agar udara luar tidak masuk ke dalamnya.

5. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Hindari penyimpanan kacang hijau di tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung. Simpanlah di tempat yang sejuk dan kering, seperti di dalam lemari atau di dapur yang sejuk.

6. Cek secara berkala.

Periksa kacang hijau secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kelembaban atau pertumbuhan jamur. Jika kamu menemukan kacang yang sudah mulai rusak, segera buang untuk mencegah penyebaran bau tengik ke kacang lainnya.

(brl/far)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya