Cuma pakai 1 bahan dapur, ini cara merontokkan lapisan lilin dan pestisida pada apel

Cuma pakai 1 bahan dapur, ini cara merontokkan lapisan lilin dan pestisida pada apel
Sikat apel menggunakan sikat bersih khusus |

Semula, siapkan mangkuk untuk menaruh apel yang ingin dibersihkan. Kemudian, taburi apel dengan baking soda. Rendam apel dan baking soda tersebut dengan air hangat selama kurang lebih lima menit agar lapisan lilin dan pestisidanya terangkat. Kemudian, sikat apel menggunakan sikat bersih khusus bahan makanan dan bilas pakai air mengalir.

"Baking soda solution is effective in removing pesticides because it can help to break apart pesticides molecules (Larutan baking soda efektif menghilangkan pestisida karena bisa memecah partikel pestisida)," jelas Tracy dikutip BrilioFood dari YouTube Natural Remedies By Tracy, Selasa (7/2).

Cuma pakai 1 bahan dapur, ini cara merontokkan lapisan lilin dan pestisida pada apel

foto: YouTube/Natural Remedies By Tracy

Kalau tidak ada baking soda, kamu bisa menggantinya dengan bahan lain, yakni garam. Bahkan, untuk membersihkan lapisan lilin dan pestisida pada apel menggunakan garam, kamu tak perlu air hangat sama sekali. Cukup dengan melumuri apel pakai garam dan disikat sampai keseluruhan kulit apel bersih. Lalu, bilas apel dengan air mengalir.

Cuma pakai 1 bahan dapur, ini cara merontokkan lapisan lilin dan pestisida pada apel

foto: YouTube/Natural Remedies By Tracy

Setelah apel dibilas, apel pun sudah aman untuk dikonsumsi langsung bersama kulitnya. Wah, simpel banget kan cara membersihkannya? Bahan yang dibutuhkan pun pastinya sering dipakai di rumah buat masak dan bikin kue. Mulai sekarang, nggak perlu lagi takut mengonsumsi apel lantaran ada lapisan lilin dan pestisida karena bisa dibersihkan, kan?

Mengintip kolom komentar unggahan di akun YouTube Natural Remedies By Tracy, tak sedikit warganet yang mengaku terbantu dengan cara membersihkan apel ini, lho. Unggahan ini juga sudah mendapat viewers lebih dari 45 ribu kali.

"These tips are very helpful. Thank you! (Tipsnya sangat membantu. Makasih!)," ujar YouTube lorilemonade.

"That’s why I try to buy organic. But in the case I get apples that are not organic, I will use your method. Thanks! (Inilah alasan aku lebih memilih beli buah organik. Tapi sewaktu-waktu kalau nggak beli organik, aku akan pakai cara ini. Makasih!)," ungkap YouTube Healthy Living With Chris Gault.

"Does can be use this on vegetables and how we remove toxin on leafy greens lots of love from India (Cara ini bisa juga dipakai buat sayuran, biasanya kami pakai cara ini untuk menghilangkan racun di sayuran hijau, salam dari India)," jelas YouTube Muskan Rayeen.

"Does this apply to all fruits. Or only apples. Very gud because we are living in a world full of chemicals (Pakai cara ini ke semua buah. Sangat bagus karena kita hidup di dunia yang penuh bahan kimia)," ucap YouTube Authentik4God.

"Thank you, I found this the most helpful of all the videos on this subject! (Makasih, aku rasa ini cara paling bermanfaat di antara semua tutorial soal membersihkan apel!)," puji YouTube minxkapinx4ever.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya