Cuma pakai 2 bahan, begini trik memperbanyak sabun cuci piring 9 kali lipat

Cuma pakai 2 bahan, begini trik memperbanyak sabun cuci piring 9 kali lipat
Lebih hemat tapi tetap membereskan alat dapur kotor |

Linda menjelaskan, trik andalannya ini bisa memperbanyak sabun hingga sembilan kali lipat, dari yang semula 210 ml jadi 1800 ml. Di samping itu, sabun cuci piring ini juga tetap dapat menghasilkan banyak busa juga wangi, lho. Lantas, gimana sih triknya?

Jadi, selain sabun cuci piring, bahan lain yang dibutuhkan adalah 50 gram garam halus serta 1/2 batang sabun cuci serbaguna. Nantinya, di tengah proses memperbanyak sabun cuci piring ini, semua bahan juga akan dilarutkan dengan air keran sebanyak kurang lebih 1,5 liter.

"Teman-teman bisa juga menggunakan garam kasar, tapi butuh waktu lama untuk melarutkannya atau bisa juga pakai air hangat untuk melarutkan," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Galeri Linda pada Sabtu (19/8).

Caranya, rebus dulu 500 ml air bersama sabun batangan yang sudah dipotong-potong kecil sampai sabun meleleh dan larut dengan air. Setelah itu, pindahkan ke dalam baskom berukuran besar. Kemudian, masukkan juga 100 ml dari sisa air keran yang sudah disiapkan.

Cuma pakai 2 bahan, begini trik memperbanyak sabun cuci piring 9 kali lipat

foto: YouTube/Galeri Linda

Selanjutnya, masukkan garam serta sabun cuci piring. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata. Jika sudah, sabun cuci piring yang telah diperbanyak ini bisa langsung dimasukkan ke toples ataupun botol yang dilengkapi tutup rapat biar awet dan kualitas busanya tidak menurun.

"Penambahan garam pada sabun, terutama garam natrium atau garam dapur NaCl berguna sebagai pengental sekaligus meningkatkan busa sabun pada saat digunakan," kata Linda.

Cuma pakai 2 bahan, begini trik memperbanyak sabun cuci piring 9 kali lipat

foto: YouTube/Galeri Linda

Sabun cuci piring pun siap digunakan untuk mencuci semua alat dapur. Nah, meski sederhana, tapi trik ini bikin pengeluaran bulanan untuk kebutuhan dapur jauh lebih hemat, kan?

Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube Galeri Linda, tak sedikit warganet yang merasa terbantu dengan trik memperbanyak sabun cuci piring ini, lho. Videonya juga sudah ditonton lebih dari 12 ribu kali.

"wah menjadi hemat bgt nih sabun cuci piringnya , mksh mom haringnya sangat bermanfaat," ungkap YouTube @keluargaviehra8501.

"Ini ngebantu bgt si buat ibu² rmh tangga," ujar YouTube @dellahestiyana7681.

"Keren dek jadi banyak busanya," puji YouTube @mamarinachannel5496.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya