Hemat gas, ini cara merebus jengkol agar empuk dan tidak bau dalam 10 menit

Hemat gas, ini cara merebus jengkol agar empuk dan tidak bau dalam 10 menit
YouTube/Wijaya ngapak

Brilio.net - Jengkol bisa dibilang unik karena rasa dan baunya khas. Meski dibilang dapat menimbulkan bau, tapi masih banyak orang gemar menyantap jengkol. Pasalnya, jengkol tetap bisa diolah menjadi berbagai menu hidangan yang menggugah selera, lho. Pada umumnya, sebagian orang akan merebus jengkol terlebih dahulu sebelum diolah.

Selain untuk membuat teksturnya menjadi empuk, teknik merebus ini bertujuan untuk menghilangkan bau jengkol. Namun, proses perebusan jengkol biasanya membutuhkan waktu cukup lama, bahkan bisa sampai 30-60 menit lamanya. Dengan waktu memasak selama itu, gas kompor yang digunakan tentu juga akan cepat habis, nih.

Namun begitu, sebenarnya ada cara supaya bisa mempersingkat proses perebusan jengkol, lho. Terdapat sejumlah cara tertentu yang bisa kamu praktikkan saat merebus jengkol biar hemat gas, cepat empuk, dan tidak bau.

Cara tersebut dibagikan oleh seorang pengguna YouTube Wijaya ngapak. Melalui salah satu unggahannya, dia menerapkan cara merebus jengkol hanya dalam waktu 10 menit saja. Meskipun waktunya singkat, jengkol yang dihasilkan pun tetap empuk dan baunya hilang secara sempurna.

"Ini jengkolnya benar-benar empuk, empuk banget dan baunya juga hilang, tuh," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Wijaya ngapak padaKamis (23/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya