Jadi sumber bakteri dan jamur, begini trik sterilkan spons cuci piring cuma pakai 2 bahan dapur

Jadi sumber bakteri dan jamur, begini trik sterilkan spons cuci piring cuma pakai 2 bahan dapur
TikTok/@tri_suwarti03

Brilio.net - Saat mencuci piring, sebagian besar orang biasanya akan menggunakan spons. Alah pembersih ini memang bisa dipakai untuk menghilangkan segala macam kotoran pada alat makan. Daya serapnya yang sangat tinggi membuat proses mencuci jadi semakin mudah.

Karena itu, intensitas penggunaan spons pun cukup tinggi. Oleh sebab itu pula, spons jadi barang yang mudah sekali kotor. Berbagai jenis noda dan kotoran bisa terserap ke dalam spons tersebut. Hal ini lantas diperparah dengan kondisi spons yang selalu lembap, sehingga muncullah bakteri dan jamur di bagian dalamnya.

Idealnya, spons cuci piring memang harus diganti secara berkala. Dalam 2-4 minggu sekali, spons ini harus dibuang dan diganti dengan yang baru. Hal tersebut sangat penting dilakukan supaya alat dapur yang dicuci jadi bersih dan kesat.

Kamu bisa menyediakan persediaaan PoPolytex Sabut Sponuntuk di rumah. Untuk membelinya kamu bisa cek di e-commerce di bawah ini.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, spons cuci piring seringkali sudah kotor sebelum mencapai 2 minggu. Biasanya hal ini terjadi ketika spons digunakan untuk membersihkan perabot dapur yang sangat berlemak dan penuh noda. Jadi spons yang harusnya bisa digunakan lebih lama, jadi langsung kotor dan tak layak pakai.

Ketika spons baru dipakai beberapa kali, tentu sangat disayangkan jika harus dibuang dan ganti yang baru. Lantas supaya lebih aman, kamu bisa mensterilkan spons tersebut. Ada sejumlah bahan dapur yang bisa digunakan untuk membuat spons jadi kembali bersih dan higienis kembali.

Trik mensterilkan spons cuci piring ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @tri_suwarti03. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua bahan sederhana untuk mensterilkan spons cuci piring miliknya. Bahan sederhana ini bisa didapat dengan mudah di dapur, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya