Jangan cuma dicuci sabun, ini trik ampuh bersihkan talenan kayu bekas cabai agar aroma pedasnya hilang

Jangan cuma dicuci sabun, ini trik ampuh bersihkan talenan kayu bekas cabai agar aroma pedasnya hilang
foto: Instagram/@diidii_winfleur

Brilio.net - Talenan kayu adalah salah satu peralatan dapur yang sering digunakan untuk memotong dan menyajikan makanan. Selain fungsinya yang praktis, talenan kayu juga memiliki kelebihan estetika dengan tekstur alami kayu yang indah. Hal ini membuat talenan kayu lebih kerap dipilih dibandingkan talenan berbahan plastik.

Namun, untuk menjaga talenan kayu tetap higienis dan tahan lama, perawatan yang tepat diperlukan. Termasuk proses mencucinya juga perlu diperhatikan. Pasalnya, talenan kayu bisa membuat residu bahan makanan menempel lebih kuat sehingga perlu dibersihkan dengan trik khusus.

Nah, salah satu bahan makanan yang sering meninggalkan bekas adalah cabai. Saat digunakan untuk memotong cabai, permukaan talenan kayu biasanya akan tampak kemerahan. Selain itu, zat capsaicin pada cabai akan menempel, sehingga memberikan sensasi pedas. Jika tidak dibersihkan maksimal dan talenan langsung dipakai memotong makanan lain, akan sangat mungkin makanan tersebut juga terkontaminasi.

Dalam mengatasi hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @diidii_winfleur. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak mencuci talenan kayu dengan sabun. Namun ada dua bahan dapur lain yang lebih digunakan untuk membersihkan talenan bekas cabai agar aroma pedasnya bisa hilang.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya