Nggak perlu digosok sitrun, ini cara praktis hilangkan jamur di talenan kayu pakai 3 bahan dapur

Nggak perlu digosok sitrun, ini cara praktis hilangkan jamur di talenan kayu pakai 3 bahan dapur
Instagram/@annepermata

Brilio.net - Alat masak berbahan kayu sering jadi pilihan banyak orang. Bukan tanpa alasan, peralatan masak berbahan kayu biasanya dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Meski begitu, alat masak berbahan kayu ini tetap tahan panas dan terkenal awet, lho.

Namun di balik kelebihannya tersebut, alat masak berbahan kayu ini butuh perawatan khusus. Karena kalau tidak dirawat dengan benar, justru bisa jadi sarang bakteri dan jamur. Nah, salah satu peralatan masak berbahan kayu yang sering ditumbuhi jamur adalah talenan.

Talenan kayu biasanya digunakan untuk memotong berbagai bahan masakan. Kalau tidak dibersihkan secara rutin, jamur akan tumbuh di permukaan talenan kayu tersebut. Hal ini bisa dilihat dari permukaan talenan kayu yang dipenuhi bintik-bintik hitam. Selain tampak kotor, jamur juga akan mengontaminasi bahan makanan yang ada di atas talenan.

Mengetahui hal itu, sejumlah orang langsung menggosok seluruh permukaan talenan kayu pakai larutan sitrun. Setelah digosok sebentar, seluruh jamur pun memudar bahkan hilang dengan sendirinya. Meski begitu, nggak semua orang cocok menggunakan larutan sitrun. Pasalnya bahan pembersih ini terkadang menimbulkan rasa gatal di kulit.

Agar lebih aman, ternyata sitrun bisa diganti dengan bahan pembersih lainnya, lho. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @annepermata. Di awal videonya, ia menunjukkan penampakan talenan kayunya yang dipenuhi bintik-bintik hitam.

Nggak perlu digosok sitrun, ini cara praktis hilangkan jamur di talenan kayu pakai 3 bahan dapur

foto: Instagram/@annepermata

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya