Trik bersihkan talenan kayu yang sudah berjamur kehitaman, praktis pakai 2 bahan

Trik bersihkan talenan kayu yang sudah berjamur kehitaman, praktis pakai 2 bahan
foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Talenan termasuk salah satu perabot penting di dapur. Alat satu ini memudahkan proses memotong aneka bumbu dapur, sayuran, atau bahkan daging hewani. Talenan yang dijual di pasaran terbuat dari berbagai bahan, baik plastik, silikon, bambu, sampai kayu.

Talenan kayu sepertinya jadi favorit banyak orang, karena kuat dan stabil saat dipakai untuk memotong bahan makanan. Di samping itu, talenan kayu juga tampak estetik jika disimpan di dapur, apalagi buat yang senang dengan gaya dapur ala-ala vintage. Pastinya, talenan kayu cocok banget dipajang di dapur.

Namun, lain halnya jika talenan kayu tidak dibersihkan dengan baik setelah dipakai. Lambat laun, talenan kayu akan berubah jadi kehitaman karena jamur, lho. Tak sedikit orang yang memilih membuangnya begitu saja saat talenan kayu sudah berjamur. Padahal, talenan kayu yang berjamur masih bisa dibersihkan, lho.

Kalau nodanya masih sedikit dan belum lama munculnya, noda jamur di talenan kayu tersebut bisa saja hilang tanpa sisa. Sementara kalau nodanya sudah cukup lama dan besar, tampaknya memang sulit dikembalikan jadi kinclong lagi seperti semula, tapi bukan berarti tak bisa dibersihkan. Pengalaman seputar membersihkan talenan kayu sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Zulaikha pratiwy, nih.

Wanita yang akrab disapa Zulaikha ini mengaku punya beberapa talenan kayu berjamur yang harus dibersihkan. Nah, ia menjelaskan, cara membersihkannya cukup praktis karena pakai alat dan bahan-bahan yang mudah ditemui atau bahkan sering digunakan di rumah. Lantas, penasaran gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya