Cara mudah bersihkan kerak gosong di dasar panci rice cooker, auto kinclong dalam 10 menit

Cara mudah bersihkan kerak gosong di dasar panci rice cooker, auto kinclong dalam 10 menit
YouTube/Natalee Jovita

Brilio.net - Nasi sudah menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Sumber karbohidrat ini memang bisa memberikan energi pada tubuh ketika dikonsumsi. Tak heran kalau makanan satu ini sudah jadi menu utama sehari-hari.

Untuk menanak nasi, sebagian besar orang kini menggunakan alat elektronik otomatis atau yang lebih sering disebut rice cooker. Alat satu ini memang sering diandalkan untuk menanak nasi karena cenderung mudah digunakan. Selain itu, nasi juga bisa matang sempurna ketika dimasak dengan rice cooker.

Walau terkesan mudah, namun penggunaan rice cooker ini bukan berarti tanpa kendala, lho. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah nasi yang cepat kering karena dihangatkan terlalu lama. Bahkan semakin lama dihangatkan, nasi ini bisa berubah jadi kerak yang sulit dihilangkan.

Dalam beberapa kasus, kerak ini bisa menjadi gosong jika kondisi panci dalam kondisi sangat panas. Sekalipun direndam semalaman, kerak gosong di dasar panci rice cooker ini tidak bisa hilang begitu saja. Sedangkan jika disikat paksa, lapisan panci rice cooker justru bisa mengelupas dan rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah tutorial sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube Natalee Jovita. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan cara sederhana untuk membersihkan kerak gosong di panci rice cooker. Walaupun sederhana, tapi prosesnya sangat cepat bahkan hanya butuh waktu 10 menit saja.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya