Jangan dibuang, begini cara bikin pinggiran roti tawar jadi lolipop

Jangan dibuang, begini cara bikin pinggiran roti tawar jadi lolipop
foto: TikTok/@kulinersamacici

Brilio.net - Siapa yang nggak suka roti tawar? Roti tawar adalah menu andalan yang sering menjadi pilihan saat sarapan. Sarapan dengan roti tawar memang simpel, simpel, dan mengenyangkan. Cara membuatnya pun mudah, cukup dengan menambahkan selai cokelat, stroberi, dan lain-lain.

Selain bisa dijadikan sebagai menu sarapan, roti tawar memang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam masakan. Tah hanya menjadi makanan manis saja, namun roti tawar juga bisa diolah menjadi hidangan asin gurih yang tak bercita rasa lezat.

Roti tawar terbuat dari tepung terigu dan biji gandum yang membuat kenyang saat mengonsumsinya. Tak cuma itu, dilansir dari healthline.com, dalam selembar roti tawar terkandung 75 kalori, 1 gram lemak, dan 2 gram serat. Kandungan tersebut tentu dapat dimanfaatkan sebagai penambah energi, meningkatkan asam folat di tubuh, hingga mencegah risiko kanker.

Roti tawar sendiri ada yang putih polos, ada juga yang memiliki pinggiran berwarna cokelat. Tak sedikit orang yang memanfaatkan roti tawar bagian putihnya saja. Hal itu dikarenakan, bagian roti tawar yang berwarna cokelat atau sisi pinggirnya memiliki tekstur lebih keras.

Namun sangat disayangkan jika bagian tersebut disisihkan dan dibuang begitu saja. Untuk menyiasatinya, pinggiran roti tawar tersebut bisa dikreasikan menjadi camilan yang lezat, lho Pemilik akun TikTok/@kulinersamacici membagikan videonya membuat pinggiran roti tawar jadi camilan berbentuk lolipop.

Jangan dibuang, begini cara bikin pinggiran roti tawar jadi lolipop

foto: TikTok/@kulinersamacici

Dilansir BrilioFood pada Minggu (4/9), langkah pertama siapkan roti tawar dan pisahkan sisi pinggirnya dengan mengirisnya menggunakan pisau. Lakukan perlahan, agar bentuk pinggiran roti tawar bisa rapi. Pastikan tidak terputus saat memisahkan bagian pinggirnya.

Jangan dibuang, begini cara bikin pinggiran roti tawar jadi lolipop

foto: TikTok/@kulinersamacici

Jika sudah terpisah, gulung bagian pinggiran roti tawar. Lakukan dengan memulai menggulung sisi kulit bagian ujung ke ujung. Pastikan kamu melakukannya secara perlahan dan sedikit menekannya agar gulungan kulit roti tawar tidak terputus di tengah jalan.

Jangan dibuang, begini cara bikin pinggiran roti tawar jadi lolipop

foto: TikTok/@kulinersamacici

Jika sudah terbentuk bulat, kamu bisa tusuk dengan tusukan sate dan panggang. Sebelum memanggangnya, pastikan kamu mengolesnya dengan mentega di kedua sisinya. Panggang dengan api kecil hingga berwarna kuning kecokelatan. Sebelum disajikan, kamu bisa menambahkan gula pasir sebagai taburannya.

Kreasi camilan dari pinggiran roti tawar ini pun menuai pujian dari warganet. Video tersebut pun sudah ditonton 700 ribu kali serta mendapat like sebanyak 87 ribu. Kreasi pinggiran roti tawar jadi lolipop ini sukses bikin terkesima warganet, sehingga banyak yang tertarik untuk langsung mempraktikkannya di rumah.

@kulinersamacici Cantik bgt ga sih kulit roti tawar bisa jadi kayak gini #kulinerindonesia #jelajahkuliner2 Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

Buat aja deh hari Selasa. mau coba rasa nya kak. kelihatan nya enak,” tulis akun TikTok/@Nabila taka hashi ardila.

Bener sih enak aku dah coba makasih ya ci. Jangan lupa post makanan simpel /minuman simpel tapi enak,” ujar akun TikTok/@user9178004656210.

FIXS GUA BAKAL BIKIN,” tulis akun TikTok/@reysan.

Makasih resepnya, kok bisa kepikiran sih?”, ujar akun TikTok/@beriipo0p.

Jadi pengen bikin,” tulis akun TikTok/@Laylatus Syarifah818.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya