Jangan diputar atau dicongkel, begini cara melepas burner berkerak dan menempel di tungku kompor gas

Jangan diputar atau dicongkel, begini cara melepas burner berkerak dan menempel di tungku kompor gas
YouTube/Ali Porkom

Brilio.net - Banyak orang menggunakan kompor setiap harinya. Peralatan dapur ini seolah wajib ada di dapur untuk memasak dan mematangkan bahan makanan. Di antara banyak jenis kompor, kompor gas termasuk salah satu yang masih banyak digunakan hingga saat ini.

Namun sekalipun sering digunakan, tidak banyak orang yang paham dengan komponen kompor. Misalnya salah satu bagian terpenting yang bernama burner. Burner kompor gas berfungsi mempertemukan gas dan oksigen lalu bisa menghasilkan api. Selain itu, burner kompor juga berfungsi mengontrol pemakaian gas.

Pentingnya burner pada kompor membuatnya perlu dirawat dengan baik. Salah satu perawatannya adalah dengan membersihkan burner kompor secara rutin. Karena bagian ini juga sering terkena noda dari proses memasak dan pembakaran, lho.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebersihan burner kompor. Alhasil, sisa makanan dan noda berubah jadi kerak dan menempel di burner. Jika didiamkan dalam waktu lama, kerak pada burner membuatnya menempel pada tungku atau dudukan burner kompor.

Normalnya, burner dan tungku atau dudukan burner ini bisa dilepas dengan cara diputar. Namun jika terlanjur berkerak, burner ini akan lengket dan menempel. Kamu tak bisa melepasnya secara paksa dengan memutar atau bahkan mencongkel burner karena tentu hal tersebut bisa rusak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya